Kajian bahasa visual poster pemilu di Indonesia
A Adapun tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah: 1). Mengkaji aspek-aspek dan pemikiran yang melatarbelakangi visualisasi wajah poster pemilu yang ada setiap pemilu di Indonesia. 2). Mengkaji elemen-elemen visual atau desain seperti tipografi, warna, teks dan gambar (ilustrasi atau fotografi) yang berperan dalam membentuk bahasa visual wajah poster partai pemilu. 3). Mengkaji pencitraan yang dipakai tokoh di dalam tampilan visual di poster pemilu dengan menggunakan pendekatan semiotik. Data analisis yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diakronik yang melihat kembali bentuk dari tampilan media yang lalu dan dengan metode semiotik yang menjelaskan secara struktur elemen-elemen visual dan aspek-aspek yang mempengaruhi tampilan visualnya. Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa poster pemilu di Indonesia sudah memakai elemen-elemen grafis dari pemilu pertama sampai sekarang baik lengkap atau tidak, dan kuatnya aspek-aspek budaya, sosial ekonomi dan kekuasaan di dalam membentuk setiap tampilan poster pemilu di Indonesia