Pengaruh tata letak ruang dagang terhadap perilaku dan pergerakan konsumen di pasar fresh market
Subyek : Building layout;consumer behavior;Markets
Penerbit : FTSP - Usakti
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2025
Pembimbing 1 : Lucia Helly Purwaningsih
Kata Kunci : Fresh market, Spatial Layout, Movement, Behavior, Visitors
Status Posting : Published
Status : Lengkap
No. | Nama File | Hal. | Link |
---|---|---|---|
1. | 2025_TS_MAR_152012200009_Halaman-Judul.pdf | 18 | |
2. | 2025_TS_MAR_152012200009_Surat-Pernyataan-Revisi-Terakhir.pdf | 1 | |
3. | 2025_TS_MAR_152012200009_Surat-Hasil-Similaritas.pdf | ||
4. | 2025_TS_MAR_152012200009_Halaman-Pernyataan-Persetujuan-Publikasi-Tugas-Akhir-untuk-Kepentingan-Akademis.pdf | 1 | |
5. | 2025_TS_MAR_152012200009_Lembar-Pengesahan.pdf | ||
6. | 2025_TS_MAR_152012200009_Pernyataan-Orisinalitas.pdf | 1 | |
7. | 2025_TS_MAR_152012200009_Formulir-Persetujuan-Publikasi-Karya-Ilmiah.pdf | 1 | |
8. | 2025_TS_MAR_152012200009_Bab-1.pdf | 17 | |
9. | 2025_TS_MAR_152012200009_Bab-2.pdf | 21 |
|
10. | 2025_TS_MAR_152012200009_Bab-3.pdf | 19 |
|
11. | 2025_TS_MAR_152012200009_Bab-4.pdf | 92 |
|
12. | 2025_TS_MAR_152012200009_Bab-5.pdf | 11 | |
13. | 2025_TS_MAR_152012200009_Daftar-Pustaka.pdf | 5 | |
14. | 2025_TS_MAR_152012200009_Lampiran.pdf | 20 |
|
F Fresh Market, sebuah kalimat dalam bahasa inggris bila diartikan kedalam bahasa indonesia yang artinya adalah Pasar Segar . FreshMarket atau pasar segar, adalah salah satu ritel modern yang menghadirkan produk-produk seperti buah-buahan dan sayuran segar dan lain-lainnya secara langsung dari petani atau produsen lokal . Meskipun beberapa fasilitas FreshMarket dibangun modern , tetapi dalam perencanaan ataupun praktek pemakaian pada fasilitas FreshMarket tersebut seringkali mengabaikan tata letak ruang pedangang yang berakibat pada terganggunya kenyamanan pengguna dan sirkulasi orang . Hal ini dikarenakan kurangnya perawatan fasilitas pasar , baik fisik bangunan , kebersihan , sirkulasi air dan udara , maupun zona-zona peruntukan-nya . Oleh karena itu, penelitian ini hadir dengan tujuan untuk merumuskan tata letak ruang para pedagang yang ideal pada FreshMarket . Maffat dari penelitian ini diharapkan dapat bernafaat bagi Masyarakat khsusunya pengguna pasar , arsitek , serta bidang-bidang keilmuwan lainnya . Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan Behavioral Mapping yang dimana Person Centered Mapping digunakan sebagai alat utama dalam penelitian dan Place Centered Mapping di gunakan sebagai alat bantu dalam penelitian melalui pengukuran dan analisa tata ruang pedagang dalam pasar FreshMarket dikumpulkan kemudian dijadikan teori awal kondisi ideal dari ruang pedagang pasar FreshMarket kemudian di crossing check dengan temuan kondisi eksisting di satu atau dua lokasi Pasar FreshMarket . Tata letak ruang pedagang pasar dijadikan rumusan kondisi ideal di pasar FreshMarket dan Tata letak ruang pedagang pasar yang dihasilkan dapat dijadikan bahan dalam penyusunan petunjuk teknis pada FreshMarket .
F Fresh Market, an English sentence when translated into Indonesian means Fresh Market. Fresh Market or fresh market, is one of the modern retails that presents products such as fresh fruits and vegetables and others directly from farmers or local producers. Although some Fresh Market facilities are built in a modern way, the planning or practice of using these Fresh Market facilities often ignores the layout of the trader\\\'s space which has an impact on disrupting user comfort and circulation of people. This is due to the lack of maintenance of market facilities, both physical buildings, cleanliness, air and air circulation, and their designated zones. Therefore, this study is present with the aim of designing the ideal layout of the trader\\\'s space at Fresh Market. The results of this study are expected to be beneficial for the community, especially market users, architects, and other scientific fields. The research methodology used is a qualitative method with a Behavioral Mapping approach where Person Centered Mapping is used as the main tool in the study and Place Centered Mapping is used as an aid in the study through measurement and analysis of the layout of traders in the FreshMarket market which is collected then used as an initial theory of the ideal conditions of the FreshMarket market trader space then at the intersection check with the findings of the conditions in one or two FreshMarket Market locations. The layout of the market trader space is used as a formulation of ideal conditions in the FreshMarket market and the resulting layout of the market trader space can be used as material in compiling technical instructions at FreshMarket.