DETAIL KOLEKSI

Kajian visual gambar kartun karya Atika Haidila Mursjid


Oleh : Yulianto Hadiprawiro

Info Katalog

Nomor Panggil : 0017/T/2011

Subyek : Visual graphic design - Cartoon

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2011

Pembimbing 1 : Yusuf Affendy

Pembimbing 2 : Pantas L. Tobing

Kata Kunci : visual Image, hand drawing, imagination.

Status Posting : Published

Status : Tidak Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2011_TS_MDP_191071030_Halaman-judul.pdf 26
2. 2011_TS_MDP_191071030_Bab-1.pdf 13
3. 2011_TS_MDP_191071030_Bab-2.pdf
4. 2011_TS_MDP_191071030_Bab-3.pdf
5. 2011_TS_MDP_191071030_Bab-4.pdf
6. 2011_TS_MDP_191071030_Bab-5.pdf
7. 2011_TS_MDP_191071030_Daftar-pustaka.pdf

L Latar belakang penelitian ini didasari dari pengamatan terhadap gambar seorang anak autis. Karya sejumlah sketsa, gambar ddan lukisan seorang anak perempuan muda dengan gaya, corak, dan motif kartun Jepang yang dibuat secara konsisten diterapkan berbakat penderita autis murni, bernama Atika H. Mursjid, yangterpengaruh dan terinspirasi oleh karakter–karakter dari komik, majalah animasi danfilm animasi. Baik di sekolah maupun di rumah atau saat senggang di mana pun, iahampir selalu mencoba mengekspresikan ide, pikiran dan perasaannya ke dalamgambar.Objektifitas pada penelitian ini adalah melihat dan mengkaji unsur visualdesain grafis dari aplikasi garis sketsa, pemilihan objek gambar, teknik pewarnaan,penggunaan media dan komposisi tata letak pada karya gambar. Analisis data yangdigunakan pada penelitian ini diambil dari gambar sketsa, gambar berwarna danlukisan yang ada dipilih atas dasar kesamaan tema, gaya, corak dan motif yangserupa, yaitu karakter kartun.Kajian visual gambar Kartun karya Atika Haidila Mursjid/Yulianto Hadiprawiro,2011iiHasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa ketertarikan Atika H. Mursjid,seorang anak autis murni, terhadap gambar, gaya, corak, motif kartun sangat kuat,terlihat pada karya-karyanya. Bagi anak autis, (dalam studi kasus ini) yangmempunyai bakat menggambar atau setidaknya yang pada awalnya kemungkinanhanya berupa hobi lalu kemudian menjadi keterampilan yang menakjubkan, akanmendapat kesempatan untuk berkomunikasi dan mengekspresikan ide danperasaannya melalui media gambar dan menggambar. Ia bercerita bebas dengansegala ekspresinya tak terbatas pada kaidah kaidah baku panduan teori menggambar.Namun hal ini tergantung pada tema atau perasaan yang ingin disampaikan melaluikarya gambar atau lukisannya. Seiring dengan perkembangan waktu, skillmenggambar pun berkembang. Panduan gambar dalam terapi visual dapat membantuanak autis berkomunikasi dan beraktivitas serta berinterkasi dengan lingkungansekitarnya, namun dalam hal ini, aktivitas menggambar juga merupakan sarana terapivisual lain yang mempunyai multifungsi dalam usaha mengembangkan kemampuananak autis berkomunikasi. Dalam penelitian ini subjek penelitian mengalami proseskreatif. Hal ini akan menstimuli otak kanannya untuk berkarya. Diawali denganproses pengamatan sebuah objek, baik di depan mata, atau objek yang pernahdilihatnya dan melekat pada pikirannya, atau benar-benar murni khayalan atauimajinasinya, lalu merekamnya dalam pikiran, lalu kemudian menuangkannyakembali dengan gaya, corak atau motif garisan visual tertentu yang diterapkan padakarya-karyanya di atas media-media. akan mempengaruhi teknik menggambarnya,gaya gambarnya dan bahkan teknik pewarnaannya.Kajian visual gambar Kartun karya Atika Haidila Mursjid/Yulianto Hadiprawiro,2011iiiBagi seniman, dalam hal ini adalah anak auits yang menciptakan karyanya,yang kemungkinan bertujuan untuk mencoba berkomunikasi mencapaikan pesan atauekspresi jiwa secara visual, namun secara langsung aktivitas ini merupakan mediaterapi visual terhadap anak autis itu sendiri. Karena ia terlibat langsung di dalamnya.Hasilnya dapat berkembang dengan gaya gambar yang baru yang dapatdiaplikasikan kepada PECS (Picture Exchange Communication System) yaitu sebuahmedia komunikasi berupa panduan gambar untuk melatih anak autis merespon secaraverbal, atau tingkah laku kepada lingkungan sosialnya baik di rumah sekolah atautempat keramaian biasa dikunjungi. Panduan gambar ini nampak secara logis akanmenjadi efektif dan efisien karena yang menggambar adalah anak autis itu sendiri,dimana panduan gambar itu akan mamandu mengembangkan dirinya dalamberinterkasi sosial dengan orang lain di lingkungan sekitarnya.

T The reason of this research is based on the writer's observation of the image ofa child with autism. The work of a number of sketches, hand drawings and paintingsby a young girl with style, style, and motifs of cartoon is consistently applied autismpure talent, named Atika H. Mursjid, who influenced and inspired by characters fromthe comics, magazines, animation and Japanese animation movies. Both at school andat home or at leisure anywhere, she almost always tries to express ideas, thoughts andfeelings into the picture.Objectivity in this study is to see and assess the visual elements of graphicdesign from sketch line applications, the selection of the object image, coloringtechniques, use of media and composition on the work layout drawings. Analysis ofthe data used in this study were taken from the drawing, color drawing and paintingpictures are selected on the basis of common themes, styles, patterns and motifs aresimilar, namely the cartoon character.Kajian visual gambar Kartun karya Atika Haidila Mursjid/Yulianto Hadiprawiro,2011vThe results of this study concluded that the interest Atika H. Mursjid, anautistic child is pure, of images, styles, patterns, motifs of cartoons are very strong,visible in his works. For children with autism, (in this case study) who have the talentto draw or at least that at first might be only a hobby and then became an amazingskill, will get a chance to communicate and express ideas and feelings throughdrawing and drawing media. He talked freely with all the expression is not limited tothe standard rules and guidelines drawing theory. But this depends on the theme orfeeling to be conveyed through the work of drawing or painting. Along with thedevelopment time, drawing skills developed. Guidelines images in visual therapy tohelp autistic children communicate and move and interact with the surroundingenvironment, but in this case, drawing activities are also a means other visualtherapies that have multifunctional in an effort to develop the ability of children withautism to communicate. In this research, the research subjects experience the creativeprocess. This will stimulate the right brain to work. Beginning with the observation ofan object, either in front of the eye, or the object he had ever seen and embedded inhis mind, or pure fantasy or imagination, then record it in mind, and then pour it backin style, pattern or motif specific visual ruler applied in his work over the media. willaffect the drawing techniques, drawing styles and coloring techniques evenFor the artist, in this case is an autistic child who created his work, which islikely aimed at trying to communicate a message or expression weary soul visually,but this activity is directly visual media treatment of children with autism itself.Because she was directly involved in it, the results can be developed with a new styleKajian visual gambar Kartun karya Atika Haidila Mursjid/Yulianto Hadiprawiro,2011viof drawing. that can be applied to Pecs (picture Exchange Communication System) isa form of communication media guide picture to train children with autism respondverbally, or behavior to their social environment both at home school or place ofusual crowd visited. This image guide would logically seem to be effective and fuelefficientbecause the drawing is a child with autism itself, which guides the picturewill develop herself in a socially interact with others in the surroundingenvironment.Kajian

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?