Perancangan model sistem pengukuran kinerja integrasi manajemen strategi mutu
P Pada saat ini, industri jasa memiliki ruang lingkup pekerjaan sangat luas tergantung dari kebutuhan pasar atas kualitas informasi dengan unsur kemandirian dan objektivitas penilaian. Jasa independent assurance adalah jasa professional independen yang dapat meningkatkan kualitas informasi bagi para pembuat keputusan. PT. XYZ khususnya Unit Bisnis Industri dan Fasilitas (UB. INFAS) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa independent assurance. Seiring waktu perlu dilakukan perbaikan sistem agar tercapainya visi perusahaan, maka perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk merancang model sistem pengukuran kinerja terintegrasi antara manajemen strategi dengan mutu. Metodologi penelitian ini tersusun dari tiga tahap yaitu tahap 1 adalah perumusan masalah, studi literatur, penentuan model yang dirancang, batasan masalah dan manfaat penelitian, pembentukan kerangka pemikiran dan tahapan penelitian, penyusunan indikator kunci awal penelitian. Bagian kedua adalah pengumpulan data dan wawancara pakar. Bagian ketiga adalah melakukan analisa kesanjangan, kelebihan, dan kelemahan sistem yang ada, penyusunan integrasi indikator kinerja, proses pengukuran, dan infrastruktur pengukuran. Metode yang digunakan adalah analisa kesenjangan, hubungan sebab-akibat, peta strategi, Balanced Scorecard, untuk perhitungan bobot Paired-Comparisson, dan ISO 9001:2008 sebagai sistem manajemen mutu. Hasilnya adalah rancangan model sistem pengukuran kinerja terintegrasi antara manajemen strategi dan mutu pada industri jasa independent assurance. Selain itu, tersusun infrastruktur untuk mengukur kinerja yang didasarkan kepada rancangan model sistem pengukuran kinerja terintegrasi. Bentuk integrasinya adalah indikator-indikator kunci yang berasal dari penurunan manajemen strategi dan mutu kemudian diintegrasikan pada setiap perspektif menggunakan Balanced Score Card.
A At this time, the service industry has a very broad scope of work depending on market needs for quality information with elements of independence and objectivity of assessment. Independent assurance services are independent professional services that can improve the quality of information for decision makers. PT. XYZ especially the Industrial and Facilities Business Unit (UB. INFAS) is a company engaged in independent assurance services. Over time it is necessary to improve the system in order to achieve the company's vision, it is necessary to conduct research that aims to design an integrated performance measurement system model between strategic management and quality. This research methodology consists of three stages, namely stage 1 is problem formulation, literature study, determination of the designed model, problem limitation and research benefits, formation of research framework and stages, preparation of initial key indicators of research. The second part is data collection and expert interviews. The third part is analyzing gaps, strengths, and weaknesses of the existing system, compiling the integration of performance indicators, measurement processes, and measurement infrastructure. The method used is gap analysis, causal relationship, strategy map, Balanced Scorecard, for calculating the weights of Paired-Comparisson, and ISO 9001:2008 as a quality management system. The result is the design of an integrated performance measurement system model between strategic and quality management in the independent assurance service industry. In addition, the infrastructure for measuring performance is structured based on the design of an integrated performance measurement system model. The form of integration is the key indicators derived from the decline in strategy and quality management and then integrated in each perspective using the Balanced Score Card.