DETAIL KOLEKSI

Pengaruh social media marketing activities, brand, awareness, brand image, terhadap purchase maskapai penerbangan


Oleh : Ridho Ramadhani Irdasyah

Info Katalog

Subyek : Marketing -- Management

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2022

Pembimbing 1 : Renny Risqiani

Kata Kunci : social media marketing activities; brand awareness; brand image; purchase intention

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2022_TS_MMJ_122012001012_Halaman-Judul.pdf
2. 2022_TS_MMJ_122012001012_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2022_TS_MMJ_122012001012_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2022_TS_MMJ_122012001012_Bab-2_Landasan-Teori.pdf
5. 2022_TS_MMJ_122012001012_Bab-3_Metode-Penelitian.pdf
6. 2022_TS_MMJ_122012001012_Bab-4_Analisis-dan-Pembahasan.pdf
7. 2022_TS_MMJ_122012001012_Bab-5_Kesimpulan.pdf
8. 2022_TS_MMJ_122012001012_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2022_TS_MMJ_122012001012_Lampiran.pdf

P Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kegiatan pemasaran media sosial yang digunakan beberapa maskapai penerbangan dengan dimensi social media marketing activities yaitu entertainment, customization, interaction, trendiness, e-word of mouth pada brand awareness dan brand image untuk mencari pengaruh terhadap purchase intention. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan Survey Research pada seluruh penumpang jasa penerbangan di beberapa maskapai Indonesia yang disebarkan kepada 161 responden dengan Teknik Purposive Sampling. Metode pengujian data yaitu uji instrument dengan uji validitas dan uji reliabilitas dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 3. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 3. Hasilnya mengungkapkan dampak yang positif dan signifikan dari social media marketing activities secara keseluruhan pada brand awareness dan brand image. Ditemukan bahwa dimensi-dimensi dari social media marketing activities yaitu entertainment, customization, interaction, trendiness dan e-word of mouth secara signifikan berpengaruh positif terhadap brand awareness dan brand image, dan brand awareness memiliki pengaruh positif terhadap brand image, sedangkan brand awareness tidak memiliki pengaruh terhadap purchase intention dan brand image berpengaruh secara signifikan terhadap purchase intention. Penelitian ini terdapat beberapa implikasi teoretis dan praktis yang dapat menguntungkan para manajer khususnya pada maskapai penerbangan dalam pemasaran mereka dalam upaya menggunakan berbagai aktivitas di media social seperti Instagram, Twitter, Facebook, Youtube, dan Tiktok

T This study aims to analyze the relationship between social media marketing activities used by several airlines and the dimensions of social media marketing activities, namely entertainment, customization, interaction, trendyness, e-word of mouth on brand awareness and brand image to seek influence on purchase intention. This study used a quantitative method using Survey Research on all airline passengers on several Indonesian airlines which were distributed to 161 respondents using a Purposive Sampling Technique. Data testing methods are instrument tests with validity tests and reliability tests using SmartPLS software 3. Data analysis methods use Structural Equation Model (SEM) using SmartPLS software 3. The results reveal a positive and significant impact of social media marketing activities as a whole on brand awareness and brand image. It was found that the dimensions of social media marketing activities namely entertainment, customization, interaction, trendyness and e-word of mouth significantly had a positive effect on brand awareness and brand image, and brand awareness had a positive effect on brand image, while brand awareness had no influence on purchase intention and brand image has a significant effect on purchase intention. This research has several theoretical and practical implications that can benefit managers, especially airlines, in their marketing in an effort to use various activities on social media such as Instagram, Twitter, Facebook, Youtube, and Tiktok.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?