DETAIL KOLEKSI

Tanda dan kode visual citra wanita jilbab moderen pada cover majalah Laiqa edisi spesial 2015-2016

5.0


Oleh : Dewi Intan Kurnia

Info Katalog

Nomor Panggil : 0005/T/2017

Subyek : Sign;Visual code - Muslim fashion magazines

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2017

Pembimbing 1 : Acep Iwan Saidi

Pembimbing 2 : Yusuf Affendi

Kata Kunci : sign, impact, muslim fashion magazines

Status Posting : Published

Status : Tidak Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2017_TS_MDP_191141005_Halaman-Judul.pdf
2. 2017_TS_MDP_191141005_Bab-1.pdf 13
3. 2017_TS_MDP_191141005_Bab-2.pdf 37
4. 2017_TS_MDP_191141005_Bab-3.pdf 18
5. 2017_TS_MDP_191141005_Bab-4.pdf
6. 2017_TS_MDP_191141005_Bab-5.pdf
7. 2017_TS_NDP_191141005_Daftar-Pustaka.pdf 1

M Majalah LAIQA adalah majalah muslim yang sangat popular saat ini di Indonesia. Meskipun majalah ini tergolong baru namun masyarakat sangat menggemari majalah tersebut khususnya kaum Muslim wanita yangmenggunakan jilbab. Dahulu kala wanita berjilbab selalu mengenakan pakaian yang monoton sesuai aturan. Banyak sekali batasan –batasan untuk para pengguna jilbab. Meskipun Jilbab merupakan kewajiban wanita muslim, banyak sekali yang menanggalkan kewajibantersebut karena penampilan wanita berjilbab dianggap kuno.Seiring berjalannya waktu cara berjilbab yang pada dasarnya berasal dari timur tengah ini masuk ke Indonesia. Selain itu banyak desainer –desainer yang memadu padankan busana jilbab dengan culture ke barat –baratan sehingga tampilan wanita berjilbab sangat menarik. Baru –baru ini di Indonesia tren jilbab muslim modern menjadi sebuah life style dangan terbentuknya beberapa komunitas –komunitas. Komunitas yang paling berpengaruh pada mode di Indonesia adalah Hijup yang berdiri di tahun 2013.Kemudian komunitas Hijab ini menghasilkan sebuah tim media yang memeberi tren di tiap taun melalui media sosial maupun media cetak. Tren hijab asal Indonesian ini begitu fenomenal sehingga mampu menuju go-Internasional. Salah satu media yang populer adalah Majalah LAIQA. Majalah LAIQA membentuk tren busana muslim modern dangan konsep futuristic. Kajian kemudian difokuskan kepada daya jual utama sebuah majalah yaitu Cover. Cover majalah LAIQA yang terpilih untuk dikaji merupakan cover di edisi –edisi special berdasarkan data yang diperoleh dari web resmi. Kajian ini bersifat kualitatif, Tanda Dan Kode Visual Citra Wanita Jilbab Modern Pada Cover Majalah LAIQA ...../ DEWI INTAN KURNIA!!!vii!metode yang digunakan yaitu Semiotik. Spesifikasi semiotic yang diaplikasikan berdasarkan versi Roland Barthes. Roland Barthesmerupakan seorang tokoh pemakna tanda –tanda yang paling tepat untuk penelitian media. Hal ini sudah banyak dipaparkan di berbagai pustaka. Tanda –tanda ini akan dijabarkan dengan diperkuat oleh pustaka sekaligus kuisioner sebagai penguat dan ke valid an data. Dengan demikian maka tesis ini mampu menghasilkan analisa makna tanda dan dampak sebuah Cover Majalah yang diasumsikan sebagai salah satu pendobrak mode citra wanita busana Muslim di Indonesia

L LAIQA Muslim magazine is a magazine very popular today in Indonesia. Though the magazine is relatively new but people are very fond of the magazine, especially Muslim women who wear veils. Long ago veiled women always wear a monotonous by the rules. Lots of limits -limits to the users of the veil. Although hijab is obligatory Muslim women, many who abandon these obligations because of the appearance of the veiled woman is considered old-fashioned.Over time veiled way that basically comes from the middle east into Indonesia. In addition, many designers -fashion designers are mixing and matching veil with culture to the west -the westerlies so very interesting to see the veiled woman. New -this new trend in Indonesia modern Muslim hijab becomes a life style invitation formation of several communities -communities. Communities most influential in fashion in Indonesia is Hijup standing in 2013.Hijab community then this generates a media team which counts the trends in each epidemic through social media and print media. Trends hijab Indonesian origin is so phenomenal to be able to the go-International. One of the popular media is LAIQA Magazine.Magazine LAIQA formed invitation modern Muslim fashion trends futuristic concept. The study then focused on the power of a magazine that is the main selling Cover. Magazine cover LAIQA selected to be studied is at issue cover -special edition is based on data obtained from the official website. This is a qualitative study, the method used is semiotic. Specifications semiotic applied based version of Roland Barthes. Tanda Dan Kode Visual Citra Wanita Jilbab Modern Pada Cover MajalahRoland Barthes is a figure signifying the sign -the sign most appropriate for media research. It is already widely described in the various literature.Sign -this sign will be elaborated with reinforced by the library at the same questionnaireas an amplifier and to valid data. Thus, this thesis is able to produce analyzes the meaning of the signs and impacts of a Magazine Cover assumed as one of the groundbreaking fashion Muslim fashion images of women in Indonesia

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?