Anteseden dan konsekuensi tourist satisfaction
P Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh emotional experience, perceived value, destination image terhadap tourist satisfaction, WOM dan Revisit Intention. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data primer dengan menyebarkan kuesioner melalu media sosial. Sampel pada penelitian ini dipilih menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria responden yang sudah pernah mengunjungi destinasi ekowisata seperti taman nasional komodo, raja ampat, nusa penida dan kawah ijen dalam kurun waktu 4 tahun terakhir. Terdapat 170 responden pada penelitian ini. Analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis yaitu dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan software AMOS 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa emotional experience memiliki pengaruh positif terhadap WOM. Akan tetapi emotional experience tidak berpengaruh positif terhadap tourist satisfaction. Penelitian ini juga menemukan tidak ada pengaruh positif terhadap destination image terhadap tourist satisfaction dan destination image terhadap revisit intention. Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa terdapat pengaruh positif antara perceived value terhadap tourist satisfaction dan antara tourist satisfaction terhadap WOM dan Revisit intention.
T This study aims to analyze the effect of emotional experience, perceived value, destination image on tourist satisfaction, WOM and Revisit Intention. The data used in this study is primary data by distributing questionnaires through social media. The sample in this study was selected using a purposive sampling method with the criteria of respondents having visited ecotourism destinations such as Komodo National Park, Raja Ampat, Nusa Penida and Ijen Crater in the last 4 years. There were 170 respondents in this study. Data analysis used to test the hypothesis is by using the Structural Equation Model (SEM) method with the help of AMOS 22 software. The results of the study show that emotional experience has a positive influence on WOM. However, emotional experience does not have a positive effect on tourist satisfaction. This study also found no positive effect on destination image on tourist satisfaction and destination image on visit intention. The results of this study also found that there was a positive influence between perceived value on tourist satisfaction and between tourist satisfaction on WOM and Revisit intention.