Airspace tunnel untuk panduan pendaratan pesawat
A Aplikasi Teknologi Global Positioning System (GPS) pada bidang penerbangan belum sepenuhnya dapat diimplementasikan, khususnya pada tahap pendekatan menuju pendaratan pesawat. Oleh karena itu pengembangan fungsi GPS pada fase tersebut masih sangat dimungkinkan. Adanya fasilitas-faslitas pendukung berupa perangkat keras dan perangkat lunak yang makin mudah didapatkan mendorong untuk dilakukan pengembangan dan penelitian terhadap penggunaan GPS tersebut. Adanya kelemahan pada sistem yang ada saat ini ikut mendorong keinginan untuk melakukan penelitian ini. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini untuk mendapatkan bentuk dari suatu sistem pendaratan yang berupa gambar 3D berbentuk lorong untuk memandu penerbang melakukan pend ratan yang diberi nama Airspace Tunnel. Metoda yang digunakan d melalui observasi. Juga dilakuk n terbang. Dari data tersebut ke ud pemrograman VisuaBasic iiHasil yang icapai beru i laptop yang terhubung menggunakan mengumpulkan data-data di lapangan nbilan data dengan melakukan lintasan n di analisis menggunakan bahasa dijalankan pada sebuah GPS Receiver. Selanjutnya dapat digunakan sebagai panic uan secara vis oleh penerbang yang akan melakukan pendaratan pada Runway 12 Bandara Budiarto.
T The application of Global Positioning System (GPS) technology in the field of aviation has not yet been fully implemented, especially at the stage of approaching the aircraft landing. Therefore, the development of the GPS function in this phase is still very possible. The existence of supporting facilities in the form of hardware and software that is increasingly easy to obtain encourages development and research on the use of GPS. The existence of weaknesses in the current system also encourages the desire to conduct this research. The aim of this research is to get the shape of a landing system in the form of a 3D image in the form of a tunnel to guide pilots to make a landing, which is called the Airspace Tunnel. The method used is through observation. Also done n fly. From these data to the VisuaBasic programming ud ii The results achieved were a connected laptop using a collection of data in the field, a number of data by performing n paths were analyzed using a language running on a GPS Receiver. Furthermore, it can be used as a visual panic by pilots who will make a landing on Runway 12 at Budiarto Airport.a