Pengaruh kepuasan pelanggan, kepercayaan layanan, kegunaan, dan pengaruh sosial terhadap teknologi keuangan (fintech) dengan intensi perilaku sebagai pemediasi
S Semenjak Covid-19 menyerbu Indonesia, banyak masyarakat yang kesulitan dalammengatur keuangannya dan banyaknya korban akibat Covid-19. Beberapaperusahaan bangkrut sejak adanya Covid-19 dan pemerintah Indonesia jugamemberikan perintah lockdown untuk menekan penyebarannya. Namun denganadanya Teknologi Keuangan (FinTech) berbasis Paylater masyarakat tidak lagimerasa khawatir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan dalamTeknologi Keuangan sebagai variabel Dependen yang dimana Teknologi Keuanganmengacu pada akses pembayaran dengan cepat dalam hitungan detik tanpa harusberhadapan langsung sehingga dikaitkan dengan variabel Independen yaituKepuasan Pelanggan, Kepercayaan Layanan, Kegunaan, Pengaruh Sosial, danIntensi Perilaku sebagai variabel mediasi. Diolah menggunakan SmartPLS 4.1.0.4for Windows, responden terkumpul mencapai 169 responden namun diantaranyatidak ada yang menggunakan Paylater sebanyak 17 responden dengan sisa 152responden yang diolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa KepuasanPelanggan tidak berpengaruh terhadap Teknologi Keuangan (FinTech).Kepercayaan Layanan tidak berpengaruh terhadap Teknologi Keuangan (FinTech).Kegunaan tidak berpengaruh terhadap Teknologi Keuangan (FinTech). PengaruhSosial berpengaruh terhadap Teknologi Keuangan (FinTech). Kepuasan Pelanggantidak berpengaruh terhadap Intensi Perilaku. Kepercayaan Layanan tidakberpengaruh terhadap Intensi Perilaku. Kegunaan berpengaruh terhadap IntensiPerilaku. Pengaruh Sosial berpengaruh terhadap Intensi P
S Since Covid-19 hit Indonesia, many people have had difficulty managing theirfinances and there have been many victims due to Covid-19. Several companieswent bankrupt since Covid-19 and the Indonesian government also issued alockdown order to suppress its spread. However, with the existence of Paylaterbased Financial Technology (FinTech), people no longer feel worried. This studyaims to determine the utilization of Financial Technology as a Dependent variablewhere Financial Technology refers to fast payment access in seconds withouthaving to deal with it directly so that it is associated with the Independent variables,namely Customer Satisfaction, Service Trust, Usability, Social Influence, andBehavioral Intention as mediating variables. Processed using SmartPLS 4.1.0.4 forWindows, the respondents collected reached 169 respondents, but none of themused Paylater as many as 17 respondents with the remaining 152 respondentsprocessed. The results of this study indicate that Customer Satisfaction has no effecton Behavioral Intention. Service Trust has no effect on Behavioral Intention.Usability has an effect on Behavioral Intention. Social Influence has an effect onBehavioral Intention. Customer Satisfaction has no effect on Financial Technology(FinTech). Service Trust has no effect on Financial Technology (FinTech).Usability has no effect on Financial Technology (FinTech). Social Influence has aneffect on Financial Technology (FinTech). Behavioral Intention has an effect onFinancial Technology (FinTech).