Hubungan kebiasaan belajar dan pengaturan waktu belajar dengan IPK pada mahasiswa
P Prestasi akademik merupakan suatu instrumen untuk mencapai kemajuan diri.Ada beberapa faktor yang memengaruhi prestasi akademik yaitu kebiasaan belajardan pengaturan waktu belajar. Beberapa penelitian menunjukkan adanyahubungan antara kebiasaan belajar dan pengaturan waktu belajar dengan prestasiakademik. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan hubungan kebiasaan belajardan pengaturan waktu belajar dengan prestasi akademik (IPK). Penelitian ini menggunakan studi observasional dengan desain potong lintang yang mengikutsertakan 234 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti.Data dikumpulkan dengan cara wawancara menggunakan kuesioner yang meliputiusia, jenis kelamin, kebiasaan belajar, pengaturan waktu belajar, dan indeksprestasi kumulatif mahasiswa. Analisis data dengan menggunakan SPSS for Windows versi 20.0 dan tingkat kemaknaan yang digunakan besarnya 0,05. Analisis uji Chi-Square menunjukkan tidak terdapat hubungan antara kebiasaanbelajar dengan IPK pada mahasiswa (p=0,288), dan tidak terdapat pula hubungan antara pengaturan waktu belajar dengan IPK pada mahasiswa (p=0,315). Penelitian ini menunjukkan bahwa kebiasaan belajar dan pengaturan waktu belajartidak mempunyai hubungan bermakna dengan indeks prestasi kumulatif.
A Academic achievement is an instrument to achieve progress themselves. These are several factors that influence academic achievement is one study habits and time management study. Some studies suggest a link between study habits and time management study with academic achievement. This study aimed to determine the association study habits and time management study with academic achievement(GPA). A cross-sectional observational study was conducted and a total of 234 student college of the Faculty of Medicine, Trisakti University. Data collection was by questionnaire-based interviews, covering age, gender, study habits, time management study, and grade point average. Data analysis was performed using SPSS for Windows release 20.0 and level of significance was set at 0.05. Chi-Square analysis showed no relationship between study habits with GPA on student college (p = 0.288), and there is also no relationship between the time management study with GPA on student college (p = 0.315). This study shows that the study habits and time management study has no significant relationship with GPA.