Pengaruh earning management laba (oportunistik dan efisien) dan eksistensi perusahaan terhadap pengungkapan laporan keuangan berbasis website dengan kepemilikan manajerial sebagai variabel moderasi
P Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh earning management dan eksistensi perusahaan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap pengungkapan laporan keuangan berbasis website terhadap perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2017, yang mana pada dasarnya penelitian ini masih sedikit dan cukup menarik untuk di teliti.Populasi penelitian ini meliputi semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2017 sesuai dengan kriteria yang telah di buat oleh peneliti. Maka dari itu teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan data yang di olah sejumlah 99 perusahaan yang masuk dala kriteria penelitian. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang di peroleh melalui laporan keuangan, laporan tahunan dan informasi mengenai perusahaan yang di publikasikan di website perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi berganda.Hasil dalam penelitian ini adalah secara partial (1) opportunistic earning management, efficient earning management, eksistensi perusahaan, dan interaksi dengan moderasi tidak berpengaruh terhadap pengungkapan laporan keuangan berbasis website, (2) current industry relative performance (variabel kontrol) berpengaruh terhadap pengungkapan laporan keuangan berbasis website.
T The objective of this empirical study is to analyze the effect of earning management and the existence of the company either separately and simultaneously on the disclosure of website-based financial statements for manufacturing companies listed on the Indonesian Stock Exchange in 2017, which are basically few and interesting enough to examine. Population of the study is all manufacturing companies listed on the IDX in 2017 according to the criteria that have been made by researchers. So from that the sampling technique used was purposive sampling. Based on data, a number of 99 companies were included in the research criteria. The type of data used is secondary data obtained through financial statements, annual reports and information about companies that are published on the company's website. The analytical method used is multiple regression models.