DETAIL KOLEKSI

Pengendalian mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut di unit gawat darurat (ugd) rumah sakit gigi dan mulut (rsgm)


Oleh : Rani

Info Katalog

Nomor Panggil : 614 RAN p

Penerbit : FKG - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2004

Pembimbing 1 : Yansen Siburian

Subyek : Public health

Kata Kunci : quality control, dental health service, dental Hospital’s emergency unit.

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2004_TA_KG_04098154_Halaman-judul.pdf
2. 2004_TA_KG_04098154_Lembar-pengesahan.pdf
3. 2004_TA_KG_04098154_Bab-1-Pendahuluan.pdf
4. 2004_TA_KG_04098154_Bab-2-Tinjauan-pustaka.pdf
5. 2004_TA_KG_04098154_Bab-3-Pembahasan.pdf
6. 2004_TA_KG_04098154_Bab-4-Kesimpulan-dan-saran.pdf
7. 2004_TA_KG_04098154_Daftar-pustaka.pdf

P Pengelolaan suatu sarana kesehatan menuntut seorang tenagakesehatan untuk berperan sebagai profesi sekaligus manajer. Oleh karenaitu, seorang dokter gigi perlu memahami pengetahuan keprofesiannyadisertai dengan ketrampilan manajerial. Rumah Sakit Gigi dan Mulut(RSGM) merupakan suatu sarana kesehatan masyarakat yang memilikibeberapa bagian pelayanan. Salah satu bagian di RSGM yang perlupengendaiian mutu pelayanan adalah bagian Unit Gawat Darurat (UGD).Oleh karena, bagian ini merupakan bagian yang perlu penanggulangankedaruratan penderita dengan kasus yang mengancam nyawa. Pedomanutama dalam melakukan pengendaiian mutu pelayanan kesehatan gigidan mulut di suatu UGD RSGM yaitu bahwa pelayanan kesehatan gigidan mulut di UGD RSGM tersebut harus memenuhi standar/indikatorpelayanan yang telah ditentukan oleh instansi yang berwenang atau yangtelah disepakati bersama, Selain itu, kepuasan pasien terhadap hasilpelayanan yang diterimanya di UGD RSGM tersebut juga merupakansalah satu pedoman utama, karena dapat menjadi masukan atau saranuntuk perbaikan pelayanan. Selanjutnya diperlukan suatu evaluasi kerjasecara berkala meliputi penilaian kemampuan staf dan hasil pelayananUGD, evaluasi proses pelayanan dan pemakaian sarana UGD,pembuatan data statistik dan informasi keberhasilan maupun kegagalanperawatan di UGD, serta menyelenggarakan pertemuan staf secara rutinDengan memperhatikan hal-hal tersebut, mutu pelayanan kesehatan gigidan mulut di suatu Unit Gawat Darurat RSGM dapat dikendalikan hinggamencapai mutu yang baik dengan hasil yang optimal.

M Managing a health organization demanded a health expert to role ashis/her profession and also as a manager. Therefore, a dentist needs tounderstand knowledge about his/her professionalism along withmanagerial skills. A Dental Hospital is a community health organizationthat has several service divisions. One of the divisions in a Dental Hospitalwhich needs quality control in service is the Emergency Unit. That isbecause this division is the one which needs handling in patient'semergency with cases that can cause mortality. The main orientation inimplementing a quality control in dental health service at Dental Hospital’semergency unit is that the dental health service has to fulfill the service’sstandards that has been established by the authorized institute or that hasbeen agreed. In addition to that, patient’s satisfaction is also one of themain orientations because it can be use as an input or suggestion inmaintaining the quality of the dental health service. Furthermore, thereneeds to be a work evaluation periodically, including evaluation of thestaffs ability and service’s results in the emergency unit, evaluation of theservice process and the utilizing of emergency unit’s equipments, themaking of a statistic data and information about successful and failure ofthe treatment in the emergency unit, and organizing a routine staffmeeting. By taking notes of those things, the quality of a dental healthservice in a Dental Hospital’s Emergency Unit can be control so that itreached a good quality with optimum results.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?