Pengaruh strategi bisnis, karakteristik perusahaan, industri terkait dan efisiensi investasi pada daya saing perusahaan tambang : tahun ke 2 dari rencana 2 tahun
T Tujuan penelitian ini menguji berbagai faktor yang dapat mempengaruhi daya saing pada perusahaan tambang. Perusahaan tambang menjadi tujuan riset ini karenakontribusi bahan tambang pada penerimaan negara sampai dengan tahun 2017 mencapai 49,6%. Karena itu daya saing perusahaan tambang di level internasional juga harus dijaga, mengingat outputnya memberikan kontribusi besar negara.Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan sampel Indonesia,Filipina dan Cina. Pada Tahun ke-2 ini tujuan pengujian adalah untu uji validitas. Tahun obervasi yang digunakan adalah tahun 2011-2015. Metode analisis yang digunakan adalah regresi PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor strategi bisnis, karakteristik entitas, infrastruktur, keberadaan industri terkait serta kualitas output mempengaruhi daya saing.Kebaruan riset ini mengembangkan model daya saing diamond, dengan menambahkan satu variabel baru yaitu karakteristik entitas, sehingga menjadi model pentagon.