Perancangan sistem informasi pasien dengan menggunakan electronic reservation di RSUD Palabuhan Ratu
R umah Sakit Umum Daerah Palabuhanratu terletak di Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi yang memiliki beberapa layanan. Pelayanan rawat jalan di RSUD Palabuhanratu terdiri dari beberapa poli bagian yaitu poli penyakit dalam, poli anak, poli bedah, poli kandungan, poli gigi, poli mata, poli umum, poli syaraf, poli kulit, poli gizi, poli anyelir, poli THT, poli thalasemia, poli anestesi, dan poli jantung. Sistem pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Palabuhanratu seringkali terjadi penumpukan pasien dan antrian panjang dikarenakan pasien berlomba-lomba untuk datang pagi agar mendapatkan pelayanan paling cepat.Hal ini mengakibatkan lamanya waktu tunggu pasien untuk mendaftar dan mendapatkan pelayanan dokter. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengevaluasi sistem pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Palabuhanratu serta memberikan usulan perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Data yang digunakan merupakan hasil observasi secara langsung di Rumah Sakit Umum Daerah Palabuhanratu. Berdasarkan hasil penelitian, dibuat desain rancangan sistem electronic reservation yang memiliki nomor antrian dan perkiraan jam pelayanan serta pembutan diagram konteks, Data Flow Diagram (DFD) , Entity Relationship Diagram (ERD) dan Physical Data Model (PDM) sehingga dapat meningkatkan sistem efektivitas pelayanan untuk Rumah Sakit Umum Daerah Palabuhanratu dan mengurangi waktu tunggu untuk pasien.
T he Palabuhanratu general hospital is located in Palabuhanratu, Sukabumi Regency which has several services. Outpatient services at the Palabuhanratu Hospital consist of several poly departments, namely internal medicine poly, pediatric poly, surgery poly, obstetrics poly, dental poly, eye poly, general poly, neurology poly, skin poly, nutrition poly, carnation poly, ENT poly, thalassemia poly, anesthesia poly, and cardiac poly. The service system at the Palabuhanratu Hospital often occurs when there are accumulations of patients and long queues because patients are competing to come in the morning to get the fastest service. This results in a long waiting time for patients to register and get doctor services. The purpose of this study was to evaluate the service system at Palabuhanratu Hospital and provide suggestions for improvements to improve service quality. The data used is the result of direct observation at the Palabuhanratu Hospital. Based on the results of the research, an electronic reservation system design was made that has a queue number and estimated hours of service as well as the creation of context diagrams, Data Flow Diagram (DFD) , Entity Relationship Diagram (ERD) dan Physical Data Model (PDM) so as to improve the service effectiveness system for Palabuhanratu Hospital and reduce waiting time for patients