DETAIL KOLEKSI

Perbaikan kinerja karyawan pada Warung Pancong Bang Berto dengan pendekatan 360 degree feedback


Oleh : Panji Ichlasul Amal

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2022

Pembimbing 1 : Dorina Hetharia

Pembimbing 2 : Annisa Dewi Akbari

Subyek : Personnel management;Industrial managment

Kata Kunci : 360 degree feedback, pdca

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2022_TA_STI_063001600071_Halaman-Judul.pdf
2. 2022_TA_STI_063001600071_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2022_TA_STI_063001600071_Bab-1_Pendahuluan.pdf 6
4. 2022_TA_STI_063001600071_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf 10
5. 2022_TA_STI_063001600071_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf 5
6. 2022_TA_STI_063001600071_Bab-4_Analisis-dan-Pembahasan.pdf 29
7. 2022_TA_STI_063001600071_Bab-5_Kesimpulan.pdf
8. 2022_TA_STI_063001600071_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2022_TA_STI_063001600071_Lampiran.pdf

W arung Pancong Bang Berto is a Micro, Small and Medium Enterprise, established in 2019 with a total of 4 employees and able to sell approximately 100 portions per week. With the increasing sales at Warung Pancong Bang Berto, quality human resources are needed because they are one of the most important assets that support activities in an organization or company to increase competitiveness and be able to meet the needs and satisfaction of its consumers. Therefore, it is necessary to conduct a performance appraisal with the right method in order to create reliable and competent employees. Improving the quality of human resources can be done by means of a performance appraisal which will later become a performance evaluation. The 360 Degree Feedback performance appraisal method is an assessment in the form of an assessment from superiors, subordinates, colleagues and self-assessment. Warung Pancong Bang Berto is a Micro, Small and Medium Enterprise engaged in the food and beverage sector that has a policy in managing employee performance by applying a 360 Degree Feedback assessment using 3 assessment criteria and through the PDCA (Plan, Do, Check, Act) method. The purpose of this assessment is to propose improvements in the final assessment of the performance of the employees of Warung Pancong Bang Berto so that the quality of service is maintained. The research was conducted by distributing questionnaires to all employees of Warung Pancong Bang Berto, totaling 6 respondents. The final score calculation results obtained from each jobdesk are 7.86 for HR Manager, 7.72 for Finance Manager, 6.37 for Employee 1, 8.04 for Employee 2, 7.98 for Employee 3 and 6.33 for Employee 4. In accordance with the results obtained from the Jobdesk Performance Assessment at Warung Pancong Bang Berto, there were 2 employees who had a final score below the predetermined standard with evaluation options solutions in the form of warnings, intensive further training, or transfers, even demotion if needed

W arung Pancong Bang Berto merupakan Usaha Mikro Kecil Menengah, berdiri sejak tahun 2019 dengan jumlah karyawan sebanyak 4 orang dan mampu menjual kurang lebih 100 porsi setiap minggunya. Semakin meningkatnya penjualan di Warung Pancong Bang Berto maka diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas karena menjadi salah satu aset terpenting yang mendukung kegiatan disuatu organisasi atau perusahaan untuk meningkatkan daya saing serta dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumennya. Oleh sebab itu perlu dilakukan penilaian kinerja dengan metode yang tepat agar tercipta karyawan yang handal dan berkompeten. Peningkatan kualitas sumber daya manusia dapat dilakukan dengan cara penilaian kinerja yang nantinya menjadi evaluasi kinerja. Metode penilaian kinerja 360 Degree Feedback merupakan suatu penilaian yang berupa penilaian dari atasan, bawahan, rekan kerja dan penilaian terhadap diri sendiri. Warung Pancong Bang Berto adalah Usaha Mikro Kecil Menengah yang bergerak di bidang makanan dan minuman memiliki kebijakan dalam pengelolaan kinerja karyawan dengan menerapkan penilaian 360 Degree Feedback menggunakan 3 kriteria penilaian serta melalui metode PDCA (Plan, Do, Check, Act). Tujuan dilakukannya penilaian ini sebagai usulan perbaikan dalam penilaian akhir kinerja karyawan Warung Pancong Bang Berto agar kualitas pelayanan tetap terjaga. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada seluruh karyawan Warung Pancong Bang Berto yang berjumlah 6 responden. Hasil perhitungan nilai akhir yang diperoleh dari setiap jobdesk adalah 7,86 untuk Manajer SDM, 7,72 untuk Manajer Keuangan, 6,37 untuk Pegawai 1, 8,04 untuk Pegawai 2, 7,98 untuk Pegawai 3 serta 6,33 untuk Pegawai 4. Sesuai dengan hasil yang diperoleh dari Penilaian Kinerja Jobdesk pada Warung Pancong Bang Berto, terdapat 2 pegawai yang memiliki nilai akhir di bawah standar yang telah ditetapkan dengan solusi opsi evaluasi berupa peringatan, pelatihan lanjutan secara intensif, atau mutasi, bahkan demosi jika diperlukan.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?