Penerapan aplikasi penilaian autentik untuk capaian akademik berbasis web
S ektor pendidikan dinilai menjadi salah satu kebutuhan utama dari masyarakat. Pendidikan dinilai menjadi salah satu aspek yang dapat mengembangkan sumber daya manusia (SDM). Namun kendala Pendidikan masih banyak dialami pengajar dan siswa baik itu dari faktor ekonomi sosial, psikologis, maupun dari lingkungan. Penelitian ini dibuat untuk mempermudah Guru selaku tenaga pengajar di Sekolah, Praktisi Dunia Usaha dan Industri (DUDI) selaku pembimbing lapangan, dan Siswa selaku peserta didik yang menempuh Pendidikan dalam kegiatan belajar mengajar. Perancangan aplikasi penilaian ini dibuat untuk meringankan bebab guru untuk menilai hasil pekerjaan siswa yang bisa dibilang repetitive, perancangan aplikasi ini dibuat menggunakan metode Waterfall sedangkan untuk metode penelitianya menggunakan metode Research and Development.
T he education sector is considered to be one of the main needs of the community. Education is considered to be one aspect that can develop human resources (HR). However, many teachers and students still experience educational constraints, both from social, psychological, and environmental economic factors. This research was made to make it easier for teachers as teaching staff in schools, practitioners in the world of business and industry (DUDI) as field supervisors, and students as students who are studying in teaching and learning activities. The design of this assessment application was made to ease the teacher's burden to assess student work results which can be considered repetitive, the design of this application was made using the Waterfal method.