DETAIL KOLEKSI

Hubungan penggunaan headphone dengan benign paroxysmal positional vertigo pada karyawan call center di perusahaan X

1.0


Oleh : Stefani Reditya Anggraini

Info Katalog

Nomor Panggil : 616.841-ANG-h

Penerbit : FK - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2015

Pembimbing 1 : Sutopo Widjaya

Subyek : Vertigo

Kata Kunci : call center, headphone, benign paroxysmal positional vertigo

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2015_TA_SKD_03011280_Halaman-judul.pdf
2. 2015_TA_SKD_03011280_Pengesahan.pdf
3. 2015_TA_SKD_03011280_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2015_TA_SKD_03011280_Bab-2_Tinjauan-literatur.pdf
5. 2015_TA_SKD_03011280_Bab-3_Kerangka-konsep.pdf
6. 2015_TA_SKD_03011280_Bab-4_Metode.pdf
7. 2015_TA_SKD_03011280_Bab-5_Hasil.pdf
8. 2015_TA_SKD_03011280_Bab-6_Pembahasan.pdf
9. 2015_TA_SKD_03011280_Bab-7_Kesimpulan.pdf
10. 2015_TA_SKD_03011280_Daftar-pustaka.pdf
11. 2015_TA_SKD_03011280_Lampiran.pdf

C all center dalam sepuluh tahun ini, merupakan salah satu jasa layanan yangsangat dibutuhkan masyarakat. Dalam melaksanakan tugasnya, operator callcenter menggunakan beberapa instrumen dimana salah satunya adalah headphoneatau headset. Namun penggunaan headphone dikhawatirkan dapat menganggukesehatan operator call center terutama pada fungsi organ telinga yaitu sebagaiorgan pendengaran dan keseimbangan. Beberapa penelitian sebelumnyamelaporkan bahwa akibat penggunaan headphone pada operator call centerditemukan beberapa gejala salah satunya adalah vertigo.METODEJenis penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desainpotong lintang. Pada penelitian ini dilakukan evaluasi menggunakan kuesionerterhadap penggunaan headphone dengan Benign Paroxysmal Positional Vertigo(BPPV) pada 137 operator call center PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk di PlazaBapindo. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan ujiChi-square dan Kolmogorov-smirnov dengan menggunakan program SPSS 20.0.HASILHasil pada penelitian ini, tidak didapatkan hubungan antara pengunaan jenisheadphone dengan BPPV (p=0.886). Tidak didapatkan hubungan antara durasipenggunaan headphone dengan BPPV (p=0.636). Tidak didapatkan hubunganantara usia dengan BPPV (p=0.321). Tidak didapatkan hubungan antara jeniskelamin dengan BPPV pada operator call center (p=0.637).KESIMPULANDapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara karakteristikpenggunaan headphone yang meliputi jenis headphone dan durasi penggunaanserta faktor sosiodemografi yang terdiri dari usia dan jenis kelamin dengan BenignParoxysmal Positional Vertigo pada Operator call center

I n the last decades, call center has been one of most fundamental service insidethe community. While performing, call center operators use several instruments,which one of it is headphone. However, there are concern that headphone usagecan be hazardous to call center operators’ health especially on the ears as theorgan for hearing and balance. Previous studies have reported that due toheadphones usage at a call center operator found several symptoms, which one ofit is vertigo.METHODSThis study was an analytic observational with cross sectional design. In this study,the correlation between headphone usage and Benign Paroxysmal PositionalVertigo (BPPV) was evaluated on 137 call center operators in PT. Bank Mandiri(persero) Tbk at plaza Bapindo using questionnaires. The data were analyzed inunivariate and bivariate by using Chi-Square and Kolmogorv-smirnov test inSPSS version 20.0.RESULTSIn this study, there is no significant correlation between type of headphone andBenign Paroxysmal Positional Vertigo (p=0.886). There is no significantcorrelation between the duration of headphone usage and Benign ParoxysmalPositional Vertigo (p=0.636). There is no significant correlation between age andBenign Paroxysmal Positional Vertigo (p=0.321). There is no significantcorrelation between gender and Benign Paroxysmal Positional Vertigo (p=0.637).CONCLUSIONThere is no significant correlation between Characteristic of Headphone usagewhich are headphones type and duration of usage. And socio-demographic factorswhich are gender and age and BPPV in Call center operators

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?