Desain interior layanan anak di Perpustakaan Nasional RI Jakarta Pusat
D i jaman sekarang ini sangat mudah bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi, baik melalui media massa maupun media visual yang tercetak maupun secara virtual. Untuk itu diperlukan wadah untuk memfasilitasi kebutuhan tersebut antara lain seperti perpustakaan yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna serta mengikuti perkembangan jaman dan kemajuan teknologi. Seperti perpustakaan layanan anak yang menjadi proyek tugas akhir peneliti. Permasalahan yang ada pada perpustakaan ini antara lain terkesan terlalu formal, kurang menarik, belum menyesuaikan dengan ergonomi dan antrophometri khusus untuk anak-anak serta belum terlihatnya tema, citra dan gaya. Metode Penelitian yang digunakan adalah Kualitatif Deskriptif, yaitu melalui tahapan pengumpulan data, analisa dan kemudian penemuan konsep yang tepat. Yang nantinya akan diaplikasikan pada perancangan desain interior dan penerapan elemen interior untuk perpustakaan layanan anak. Adapun tema yang akan diterapkan yaitu ‘Learn With Shapes’, dengan citra yang menyenangkan dan edukatif serta gaya yang akan diambil adalah kontemporer.Diharapkan perancangan desain interior perpustakaan layanan anak ini nantinya dapat memenuhi dan menjawab permasalahan di atas, sehingga pengguna akan merasa nyaman dan aman sesuai dengan tema, citra dan gaya yang diangkat pada perpustakaan layanan anak.`
I n this era, it is easy for people to get information, either from mass media or from printed and virtual visual media. Based on that fact, we need facilities such as an up-to-date library which is adjusted with people’s needs and technological advancement. For example is the children library which is the main focus of this final project. The problems that exist in this library include the impression of being too formal and less attractive, ergonomics and anthropometry that have not been adapted for children, as well as themes, the absence of distinct image and style. The research method used in this project is Qualitative Descriptive method which includes the data collecting phase, analysis, and the finding of the proper concept. Later, it will be applied on the interior design planning and the interior element application in the children library. The chosen theme is ‘Learn with Shapes’ which has a fun and educative image, while the chosen style is the contemporary one.It is expected that later, the interior design of a children library can fulfill and solve the main problem of this project so that the users will feel comfortable and secured corresponding with the theme, image, and style chosen for the children library.