DETAIL KOLEKSI

Evaluasi pembangunan trotoar pada kawasan perdagangan (studi kasus jalan Salemba Raya)

3.3


Oleh : Boby Harold Prayogo

Info Katalog

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2020

Pembimbing 1 : FX. Trisbiantara

Subyek : Civil engineering;Streets - Design and construction

Kata Kunci : sidewalks, errors, stages of development, pedestrians

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2020_TA_TS_051001500022_Halaman-Judul.pdf
2. 2020_TA_TS_051001500022_Bab-1.pdf
3. 2020_TA_TS_051001500022_Bab-2.pdf
4. 2020_TA_TS_051001500022_Bab-3.pdf
5. 2020_TA_TS_051001500022_Bab-4.pdf
6. 2020_TA_TS_051001500022_Bab-5.pdf
7. 2020_TA_TS_051001500022_Daftar-Pustaka.pdf
8. 2020_TA_TS_051001500022_Lampiran.pdf

P ada revitalisasi trotoar jalan Salemba Raya perlu diperhatikan tidak boleh terjadi kesalahan dalam tahapan pembangunan. Revitalisasi trotoar diharapkan meningkatkan tingkat pelayanan trotoar. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi tahapan pembangunan trotoar jalan Salemba Raya dan juga mencari solusi optimal sehingga kesalahan pada tahapan pembangunan trotoar dapat diminimlaisir dan untuk mencari tingkat pelayanan trotoar setelah revitalisasi. Pada penelitian ini, penulis melakukan evaluasi pada tahapan perencanaan dan perancangan, tahapan konstruksi, dan tahapan operasional dengan membandingkan kondisi eksisting dengan Pedoman Perencanaan Teknis Fasilitas Pejalan Kaki, Surat Edaran Menteri PUPR Nomor : 02/SE/M/2018 dan melihat dampak terhadap lalu lintas dari hasil DS melalui analisis MKJI 1997 juga melihat tingkat pelayanan menurut HCM 2000. Hasil evaluasi didapatkan bahwa pembangunan trotoar memiliki kesalahan utama yaitu dalam pembangunan trotoar tidak memperhatikan dan memperhitungkan lalu lintas kendaraan bermotor dan fasilitas pejalan kaki. Tingkat pelayanan trotoar sesudah revitalisasi termasuk kategori A. Jadi, dapat disimpulkan solusi optimal yang disarankan adalah penentuan standar pemilihan material perkerasan trotoar sesuai dengan kawasan serta optimalisasi perencanaan pembagian ruang pada trotoar dan penggantian pagar pengaman proyek dengan penataan yang tepat agar terdapat ruang pejalan kaki sementara dan lebar efektif jalan berkurang seminimal mungkin.

I n the revitalization of the Salemba Raya road sidewalk, attention must be paid to the error during the construction stage. Revitalization of sidewalks is expected to increase the level of sidewalk services. The purpose of this study is to evaluate the stages of the Salemba Raya road sidewalk development and also to find an optimal solution so that errors in the sidewalk development stage can be minimized and to find the level of sidewalk service after revitalization. In this study, the authors evaluated the planning and design stages, construction stages, and operational stages by comparing existing conditions with the Pedestrian Facility Technical Planning Guidelines, PUPR Minister Circular Letter Number: 02 / SE / M / 2018 and seeing the impact on traffic DS results from the 1997 MKJI analysis also looked at the level of service according to HCM 2000. The evaluation results found that the construction of the sidewalk had a major error in the construction of the sidewalk not paying attention and taking into account motorized traffic and pedestrian facilities. The level of sidewalk service after revitalization belongs to category A. So, it can be concluded that the optimal solution is to determine the standard selection of pavement pavement materials in accordance with the area as well as the optimization of space division planning on the sidewalks and the replacement of project safety fences with proper structuring so that there are temporary pedestrian spaces and the effective width of the road is reduced to a minimum.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?