Hubungan pengetahuan dan sikap ibu dengan praktik sibling rivalry
P ada saat ibu melahirkan anak kedua maka anak yang lahir sebelumnya akan mendapatkan pengalaman yang beragam. Apabila seluruh perhatian ibu berada pada adik dan jarak lahir bayi 1-3 tahun dari anak pertama dan pada usia anak 3-5 tahun maka sering terjadi sibling rivalry. Sibling rivalry adalah kompetisi antar saudara untuk mendapatkan kasih sayang dan perhatian dari satu atau kedua orangtua dan menimbulkan kecemburuan. Pada beberapa literatur pengetahuan dan sikap ibu merupakan contoh faktor yang menyebabkan kejadian sibling rivalry. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap ibu dengan praktik sibling rivalry. Penelitian ini menggunakan studi analitik observasional dengan desain cross-sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara consecutive sampling. Pada ibu di TK Kartika Chandra Indramayu, Jawa Barat pada bulan Oktober 2017. Pengambilan data dengan cara memberikan kuesioner tentang pengetahuan, sikap dan kejadian sibling rivalry. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 23.0 dan tingkat kemaknaan 0,05. Setelah dilakukan penelitian dengan 69 responden, didapatkan anak yang mengalami sibling rivalry sebanyak 29%. Pada analisis menggunakan uji chi-square didapatkan hasil (p=0,136) pada pengetahuan ibu dan (p=0,276) pada sikap ibu dengan kejadian sibling rivalry dan ditemukan juga pada jumlah anak (p=0,519) yang menunjukkan tidak terdapat hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu dengan sibling rivalry. Dapat disimpulkan bahwa secara statistik tidak terdapat hubungan pengetahuan dan sikap ibu dengan praktik sibling rivalry.
A t the moment a mother gives birth to the second child then the child who was born before will get various experiences. If a mother gives all attention to younger child in distance of 1-3 years from first child and at children’s age between 3-5 years, the sibling rivalry sometime occured. Sibling rivalry is an inter-competition of siblings to get the affection and attention of one or both parents and make jealousy to another. In some literature mother’s knowledge and attitude are examples of factors that lead to sibling rivalry. The purpose of this research is to know the relationship of mother’s knowledge and attitude with practice of sibling rivalry. This research used an observational analytic study with cross-sectional. Consecutive sampling was used to get the sample. Mother at Kartika Chandra Kindergarten, Indramayu, West Java. was given the questionnaires about knowledge, attitude and the incidence of sibling rivalry in October 2017. Data is being analyzed by using SPSS version 23.0 and at significance level of 0.05. After a research with 69 respondents, its obtained that a child who experienced sibling rivalry is 29%. By using chi-square analysis,as the result obtained (p = 0,136) on mother knowledge and (p = 0,276) at the attitude of the mother with the incidence of sibling rivalry and also (p=0,519) on amount of childrens that indicates there is no the relationship of mother’s knowledge and attitude with sibling rivalry. It can be concluded that statistically there is no relationship of mother’s knowledge and the attitude with practice of sibling rivalry.