Desain interior Sekolah Kecantikan Puspita Martha International Beauty School di Tangerang
K ecantikan merupakan hal penting bagi masyarakat urban atau kosmopolitan, salah satunya di kota besar seperti Tangerang, dengan adanya kesadaran untuk merawat kecantikan diri maka banyak wanita maupun pria ingin melatih keterampilannya di sekolah kecantikan. Lembaga pendidikan kejuruan kecantikan tergabung dalam satuan lembaga pendidikan non formal yang terdiri dari tata kecantikan rambut, wajah dan kulit. Puspita Martha International Beauty School merupakan salah satu sarana lembaga pendidikan kecantikan sebagai wadah untuk mengasah kemampua n dibidang kecantikan, oleh karena itu perancangan Puspita Martha International Beauty School di Tangerang ini dirancang untuk menyusun konsep perancangan interior yang sesuai dengan karakteristik pengguna, kondisi lingkungan, fungsi ruangan, dan pemilihan material interior. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan beberapa tahap, yaitu dilakukannya survey berupa dokumentasi, wawancara ke narasumber di beberapa sekolah kecantikan dan data literatur sebagai dasar penelitian. Proyek tugas akhir ini merupakan re-design Puspita Martha International Beauty School.Konsep pada Puspita Martha International Beauty School bertema The Power of Beauty Education. Suasana yang akan diciptakan ialah fresh, harmoni dan edukatif. Gaya yang digunakan ialah ethnic modern. Konsep bentuk didalam perancangan interior sekolah ini menggunakan bentuk dasar dari bunga Lotus yang mengambil filosofi Martha Tilaar yaitu Konsep Rupasampat Wahyabyantara. Bentuk bunga lotus tersebut diinterpretasikan pada motif batik kawung. Hasil dari perancangan ini diharapkan dapat menciptakan interior yang sesuai dengan perilaku pengguna dan citra dari Puspita Martha International Beauty School.
B eauty is very important for urban and cosmopolitan society in big cities such asTangerang. With the awareness to care for beauty, a lot of women and men want totrain their skills in beauty schools. Beauty schools are parts of non-formaleducation institutions that consist of hair, face and skin care. Puspita MarthaInternational Beauty School is one of beauty education institutions as a place toimprove skills in the field of beauty. Therefore, this Puspita Martha InternationalBeauty School project is conducted to design an interior concept in accordancewith the characteristics of users, environmental condition, space function, and theselection of interior material. The research method used is descriptive qualitativemethod through various stages such as survey, documentation, interview at severalbeauty schools and collecting literature data as the basis of the research. This finalassignment project is a re-design of Puspita Martha International Beauty School.The concept of Puspita Martha International Beauty School has The Power ofBeauty Education theme. The atmosphere that will be created is fresh, harmoniousand educative. The style used is modern ethnic. Shape concept of this school interiordesign uses the shape of Lotus flower, inspired by the philosophy of Martha Tilaar,Rupasampat Wahyabyantara. The shape of Lotus flower is interpreted in kawungbatik pattern. The result of this design is expected to create interior that suits thebehavior of the users and the image of Puspita Martha International Beauty School.