Kajian teknis kemampuan alat muat dan alat angkut pada kegiatan pengupasan overburden PT. Coal Mining & energy Jobsite PT. Berkat Bumi Persasa di Muara Teweh, Kalimantan Tengah
P ada dunia pertambangan pencapaian produksi Overburden bergantung padakemampuan excavator, hauler, dan target produksi itu sendiri, berbagai macam faktoryang ada di lapangan juga bisa menghambat jalannya produksi dari mulai jenismaterial overburden, jarak dumping, geometri jalan, dan juga ketersediaan alat itusendiri. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tindakan untuk mengetahui carayang paling cocok untuk mengurangi dan memperbaiki hambatan – hambatan dalampencapaian produksi overburden.Dari kondisi jalan pada pit tersebut, penggunaan alat angkut ArticulatedDumptruck Volvo sudah efisien karena dapat mengatasi jalan dengan grade jalanyang paling tinggi pada jalan segment 3 yaitu senilai 12.68%, sehingga dengan gradejalan yang lebih dari 12.68 % hauler ADT Volvo masih dapat mengatasinya sampaibatas maksimal grade sebesar 15%.Target produksi overburden pada pit tersebut bulan Oktober yaitu 123,248.00bcm/bulan. Perhitungan produksi aktualnya adalah 91,993.16 bcm/bulan, sedangkanperhitungan produksi overburden secara teori dengan menghilangkan waktu garu danwaktu antri adalah 124,118.94 bcm/bulan. Dari hasil tersebut diketahui produksioverburden aktual tidak mencapai target karena adanya kegiatan penggaruan yangdilakuakan oleh excavator yang mengakibatkan hauler menunggu, sehingga waktugaru dan waktu antri membuat waktu produktif alat muat dan alat angkut berkurangyang menyebabkan
O verburden production achievement depends on excavator and hauler’s availability;and production targets itself. Various factor could obstruct production activities suchas dumping distance, kind of overburden material, road geometry, and equipmentavailability. It is necessary to discover the most suitable way to prevent obstruction ofoverburden production achievement.Based on pit road condition, Volvo Articulated Dump truck usage is efficient becauseit could pass the highest grade of pit road (on segment 3 = 12.68%), because maximalgrade that can be passed by this truck is 15%.Overburden production target on October was 123,248.00 bcm/month, actualoverburden production was 91,993.16 bcm/month, while teoritically overburdenproduction calculation was 124,118.94 bcm/month (ripping and waiting time wasexcluded in calculation). Actual overburden production was not achieve productiontargets because there was ripping