DETAIL KOLEKSI

Usulan rancangan pintu geser bus transjakarta jenis BH 115E karoseri Rahayu Santosa menggunakan metode VDI 2221


Oleh : Randi Hardiyanto

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2011

Pembimbing 1 : Tono Sukarnoto

Pembimbing 2 : Noor Eddy

Subyek : Design proposed door sheer - transjakarta bus;Design method vdi 2221

Kata Kunci : mass transportation, VDI 2221,

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2011_TA_MS_06107004_1_Halaman-Judul.pdf
2. 2011_TA_MS_06107004_2_Bab1.pdf
3. 2011_TA_MS_06107004_3_Bab2.pdf
4. 2011_TA_MS_06107004_4_Bab3.pdf
5. 2011_TA_MS_06107004_5_Bab4.pdf
6. 2011_TA_MS_06107004_6_Bab5.pdf
7. 2011_TA_MS_06107004_7_Daftar-Pustaka.pdf
8. 2011_TA_MS_06107004_8_Lampiran.pdf

B us Transjakarta adalah transportasi masal yang menjadi keunggulan pemerintah provinsi D.K.I Jakarta. Karena banyaknya jumlah penumpang dan mobilitas yang tinggi di ibu kota maka model pintu bus transjakarta dibuat untuk dapat dibuka lebar di kedua sisi badan bus, akan tetapi ketebalan pintu yang ada saat ini kurang memenuhi efisiensi tempat (± 50 mm). Penelitian tugas akhir ini membahas perancangan perbaikan pintu Bus Transjakarta sampai tahap embodiment design. Kemudian dianalisa menggunakan software CATIA V5 R17 untuk mengetahui kekuatan rancangan yang telah dibuat. Metode penulisan tugas akhir ini dibuat berdasarkan survey lapangan serta literatur dari perpustakaan Trisakti dan dosen pembimbing. Hasil perancangan menggunakan metode VDI 2221 dipilih pintu geser dalam body sebagai solusi akhir dengan geometri pintu PxLxT = 1850 x 980 x 20 mm, serta nilai kekuatan rancangan yang berada dalam batas aman (15,5 N/mm2) < ay (315 N/mm2) dan displacement material yang kecil (0.00901 mm).

T ransjakarta bus mass transportation is the excellence provincial government of DKI Jakarta. Because of the large number of passengers and high mobility in the capital of the Transjakarta bus door model is made to be opened wide on both sides of the bus body, but the thickness of the door that there is currently less efficient place to meet (± 50 mm). Research this thesis discusses the design of repairs to door Bus Transjakarta embodiment design stage. Then analyzed using the software CATIA V5 R17 to know the power of design has been created. Method of this thesis is based on field surveys and literature from the library Trisakti and lecturers. The results of the design method VDI 2221 is selected sliding door in the body as a final solution with the geometry of the door LxWxH = 1850x980x20 mm, as well as the design strength values that are within safe limits (15,5 N/mm2) > ay (315 N/mm2 ) and a small displacement of the material (0.00901 mm).

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?