Pengaruh kecerdasan intelektual,kecerdasan emosional,dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahamn akuntansi
T ujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh kecerdasan intelektual terhadap tingkat pemahaman akuntansi, kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi, dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi, serta untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi secara bersama-sama. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi di Universitas Trisakti dan Universitas Indonesia yang merupakan mahasiswa akuntansi angkatan 2008 hingga 2011 dengan teknik yang digunakan adalah metode pengambilan sampel yang bersifat acak (non probability sampling) dengan teknik penarikan sampel yaitu Convenience Sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi secara parsial, kecerdasan emosional, dan perilaku belajar tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi secara parsial, dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan perilaku belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi secara simultan.
T he aimed of this research was to prove whether there is influence intellectual quotient to understanding of accounting, the influence of emotional quotient to understanding of accounting, the influence of study behavior to understanding of accounting, and the simultaneously influence of intellectual quotient, emotional quotient, and study behavior to understanding of accounting. The data used in this research are primary data in the form of questionnaires. Population in this research is Universitas Trisakti and Universitas Indonesia’s Accounting Students in the class of 2008-2011. The technique used is the method of non-probability sampling which is convenience sampling. Hypothesis was tested by SPSS 23. The results showed that intellectual quotient has a significant influence to understanding of accounting, while emotional quotient and study behavior have not a significant influence to understanding of accounting. Otherwise, the result showed that intellectual quotient, emotional quotient, and study behavior have a simultaneously significant influence to understanding of accounting.