Pengaruh Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional dan Perhatian Orangtua terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi
P enelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku belajar, kecerdasan emosional dan perhatian orangtua dengan prestasi akademik mahasiswa akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode survei yang menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi di lima Universitas yaitu Universitas Trisakti, Universitas Bina Nusantara, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Tarumanegara dan Universitas Esa Unggul. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 200 mahasiswa. Pengukuran perilaku belajar terdiri dari aspek kebiasaan mengikuti pelajaran, kebiasaan membaca buku, kunjungan ke perpustakaan, dan kebiasaan menghadapi ujian. Pengukuran kecerdasan emosional terdiri dari aspek pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan ketrampilan sosial. Sedangkan, pengukuran perhatian orangtua terdiri dari aspek memberi hadiah, memberi hukuman, memberi contoh, menyediakan fasilitas belajar dan membantu kegiatan belajar anak. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan regresi linier berganda dengan dibantu SPSS 22.0. Dari hasil output diperoleh t tabel sebesar 1,972, sedangkan t hitung perilaku belajar = 6,482 dan 0,000 , kecerdasan emosional = 2,396 dan 0,034 serta perhatian orangtua = 2,090 dan 0,038. Karena t hitung > t tabel dan signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak. Kesimpulannya bahwa ada pengaruh antara perilaku belajar, kecerdasan emosional dan perhatian orangtua dengan prestasi akademik mahasiswa akuntansi.
T his study aims to determine the relationship of learned behavior, emotional intelligence and parents 'attention with accounting students' academic achievement. This study used a survey method that uses primary data obtained from the questionnaire. Population in this research is the students of the Faculty of Economics Department of Accounting at the University in five Trisakti University, Bina Nusantara University, Jakarta State University, Tarumanegara University and Esa Unggul University. The number of samples taken in this study was 200 students. Measurement of learned behavior consists of aspects of the habit of following the lesson, the habit of reading books, visits to the library, and the habits of the exam. Measurements of emotional intelligence consists of aspects of self-knowledge, self-control, motivation, empathy and social skills. Meanwhile, the measurement of parental attention comprised of aspects of reward, punishment, to give an example, providing learning facilities and help the children's learning activities. The data analysis technique used is descriptive statistics and multiple linear regression with the help of SPSS 22.0. From the output results obtained t table of 1.972, while the learned behavior t = 6.482 and 0.000, emotional intelligence = 2.396 and 0.034, and attention parents = 2.090 and 0.038. Because t count> t table and significance <0.05 then Ho is rejected. The conclusion that there is influence between learning behaviors, emotional intelligence and parents 'attention with accounting students' academic achievement.