Faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham pada Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia
P enelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yangmempengaruhihargasahampadaperbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah bank konvensional yangterdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2009 hingga 2013. Variabeldependen dalam penelitian ini adalah share pricedan variabel independennya adalahearning per share, net asset value per share, net profit after tax, dan price earningratio. Dengan menggunakan purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 28 bankkonvensional. Model analisis data yang digunakan adalah regresi berganda dan uji t.Berdasarkan hasil uji t maka didapatkan hasilearning per sharedanprice earningratio memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadapshare price.Namun sharepricetidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadapnet asset value per share dannet profit after tax. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa manajemen bank perlumemperhatikan share priceperusahaan agar menghasilkan keuntungan yang maksimal.
T his research aims to determine the factors that affect the share price in banks listedon the Indonesian Stock Exchange. The sample in this research was using aconventional bank listed in Indonesia Stock Exchange (IDX) between 2009 and 2013.The dependent variable in this study is share price and the independent variable areearnings per share, net asset value per share, the net profit after tax, and priceearnings ratio. By using purposive sampling obtained a sample of 28 conventionalbanks. Analysis model of the data was using multiple regression and t-test. Based onthe results of the t-test showed it’s share price has a significant positive effect onearnings per share and price earnings ratio, but the share price does not have asignificant impact on the net asset value per share and net profit after tax. Theseresults indicated that the bank's management needs to pay attention to the companyshare price in order to generate maximum profit.