Pengungkapan pertanggungjawaban sosial pada laporan tahunan perusahaan yang go publik tahun 2009 di Bursa Efek Indonesia (BEI)
P enelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris dari item yang diungkapkan dalam laporan tahunan perusahaan dengan membandingkan profil perusahaan tinggi dan rendah yang terdaftar di bursa efek Indonesia selama tahun 2009. analisis kuantitatif dan kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode analisis isi dan mengindeks ya I tidak pendekatan. Hipotesis ini diuji dengan menggunakan sampel independent t-test untuk memeriksa item yang diungkapkan perbedaan antara perusahaan profil tinggi dan rendah. Dengan menggunakan sampel dari 60 perusahaan yang terbagi menjadi profil tinggi dan rendah, kita menemukan perbedaan dalam tingkat item diungkapkan antara perusahaan perusahaan. Hasil ini menunjukkan bahwa dengan dampak sosial yang lebih (perusahaan profil tinggi) cenderung lebih banyak mengungkapkan item resposibility sosial daripada mereka yang tidak dalam laporan tahunan mereka. lni berarti bahwa masyarakat lebih peka dengan jenis industri sehingga mereka menuntut tanggung jawab yang lebih dari itu perusahaan.
T his research objective is to provide the empirical evidence of items disclosed in corporate annual report with comparing the high and low profile firms listed in Indonesia stock exchange during 2009. quantitative and qualitative analysis was used in this research with content analysis method and indexing yes/no approach. The hypothesis was tested using independent sample t-test to examine the difference item disclosed between high and low profile firms. Using a sample of 60 firms which divide into high and low profile, we find a difference in the extent of item disclosed between those firms. This result show that with more social impact (high profile firms) tend to disclose more social resposibility's items than those not in their annual report. This means that public more sensitive with type of industry so they demand more responsibility from that firms.