DETAIL KOLEKSI

Analisis perancangan dermaga curah cair pada pelabuhan di Provinsi Bangka Belitung


Oleh : Rizka Wula Triadji

Info Katalog

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2018

Pembimbing 1 : Suwandi Saputro

Subyek : The design principle of dock construction;Port performance indicators;Description of design location - Port

Kata Kunci : Pier, liquid bulk, pile.

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2018_TA_TS_05114088_Halaman-Judul.pdf 15
2. 2018_TA_TS_05114088_Bab-1.pdf 4
3. 2018_TA_TS_05114088_Bab-2.pdf
4. 2018_TA_TS_05114088_Bab-3.pdf
5. 2018_TA_TS_05114088_Bab-4.pdf
6. 2018_TA_TS_05114088_Bab-5.pdf
7. 2018_TA_TS_05114088_Daftar-Pustaka.pdf 1
8. 2018_TA_TS_05114088_Lampiran.pdf

P Pelabuhan Pangkal Balam memiliki potensi dalam menghasilkan produk curah cair, salah satunya adalah minyak kelapa sawit yang mengakibatkan mengikatnya arus kunjungan kapal dalam sektor curah cair. Akan tetapi peningkatan ini belum diimbangi dengan infrasturktur yang memadai, dilihat dari analisa tingkat pemakaian dermaga diketahui bahwa kapastitas bongkat muat Pelabuhan Pangkal Balam telah mencapai titik jenuh sehingga perlu adanya pembangunan dermaga baru khusus curah cair. Perancangan dermaga curah cair merujuk kepada Technical Standars and Commentaries For Port and Harbour Facilities In Japan (OCDI) Tahun 2009, dimana beban beban yang bekerja pada dermaga diperhitungkan untuk mengetahui daya dukung dari tiang pancang baja yang digunakan pada dermaga. Gaya angin dan gaya arus pada percangan ini tidak diperhitungkan dikarenakan lokasi Pelabuhan yang berada di sungai. Kapal general cargo dengan bobot 5000 DWT direncanakan untuk digunakan sebagai acuan perancangan. Dalam percangan struktur demaga, perhitungan struktur dianalisis dengan menggunakan program SAP2000. Dari hasil analisis struktur didapatkan balok dengan dimensi 400 x 900 mm, plat lantai dengan tebal 300 m, pile cap 1200 x 1200 x 800 mm dan 1200 x 2100 x 800 mm, tiang pancang baja diameter 609,9 mm dengan tebal 12 mm dan berada pada kedalaman 26 m dari seabed.

P Pangkal Balam Port has a potency to make a liquid bulk proudct, such as crude palm oil that can enhance the flow of liquid bulk containing ship. Nevertheless this enchancement not supported by its infrastructure yet, from the analysis of Berth Occupancy Ratio is known that the capacity unloading and loading of Pangkal Balam Port already reaches its limit, therefore the development of special pier for liqiud bulk is needed. The pier design refers to 2009 Technical Standars and Commentaries For Port and Harbour Facilities In Japan (OCDI), whereas loads must be calculated to get the bearing capacity value of pile foundation. In this design wind force and current force are not calculated because the pier is located in the river. The pier with capacity 5000 DWT has planned to be used as reference in this design. The sturctural design of this pier will be analyzed using SAP 2000 progam. The structure analysis obtained these results, beams 400 x 900 mm in dimension, slab’s thickness 300 mm, pile caps 1200 x 1200 x 800 mm and 1200 x 2100 x 800 mm, pile foundation 609,9 mm in diameter and 12 mm in thickness adn the depth of pile foundation at 26 m from seabed.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?