DETAIL KOLEKSI

Perbedaan kebiasaan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut pada murid-muris Sekolah dasar: Kajian pada murid-murid kelas V SD dengan dan tanpa UKGS di Jakarta Utara (Laporan Penelitian)

5.0


Oleh : Febrina Gracia Jebe

Info Katalog

Nomor Panggil : 614 JEB p

Penerbit : FKG - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2016

Pembimbing 1 : Sri Lestari

Subyek : Dental hygienist;Oral health

Kata Kunci : habits in maintaining oral health, UKGS, primary school studens

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2016_TA_KG_04012065_Halaman-Judul.pdf
2. 2016_TA_KG_04012065_Bab-1.pdf 3
3. 2016_TA_KG_04012065_Bab-2.pdf
4. 2016_TA_KG_04012065_Bab-3.pdf
5. 2016_TA_KG_04012065_Bab-4.pdf
6. 2016_TA_KG_04012065_Bab-5.pdf
7. 2016_TA_KG_04012065_Bab-6.pdf
8. 2016_TA_KG_04012065_Bab-7.pdf
9. 2016_TA_KG_04012065_Daftar-Pustaka.pdf
10. 2016_TA_KG_04012065_Lampiran.pdf

U UKGS adalah program pelayanan kesehatan gigi dan mulut dalam bentuk kegiatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif bagi anak usia sekolah di lingkungan sekolah binaan agar mendapatkan generasi yang sehat. Kegiatan promotif yang dilakukan berupa pendidikan kesehatan gigi khususnya cara memelihara kesehatan gigi dan mulut yang baik. Diharapkan melalui kegiatan promotif tersebut dapat terbentuk kebiasaan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut pada anak-anak sejak dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana perbedaan kebiasaan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut pada muridmurid sekolah dasar dengan dan tanpa UKGS. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan survey. Sampel penelitian ini adalah 30 murid-murid kelas V SD Tunas Karya 1 dan 60 murid-murid kelas V SD Don Bosco 1 Jakarta Utara. Data tentang kebiasaan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji non-parametrik, Mann-Whitney. Hasil penelitian diperoleh responden SD dengan UKGS memiliki kebiasaan pemeliharan kesehatan gigi dan mulut dengan kriteria baik sebanyak 76,7%, sedangkan responden SD tanpa UKGS sebanyak 48,3%. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan nilai Sig atau P Value= 0,000 (< 0,05) berarti terdapat perbedaan yang sangat bermakna dalam pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut pada responden SD dengan UKGS dan responden SD tanpa UKGS. Kesimpulan penelitian ini adalah UKGS perlu dilaksanakan karena melalui program promotif dapat membentuk kebiasaan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut pada anakanak sejak dini.

U UKGS is a dental and oral health care program for school age children in target school\'s area in form of promotive, preventive, curative, and rehabilitative activities to achieve a healthy generation. Promotive activity is done by dental health care education, especially, a good method of maintaining dental and oral health. Expectation of this promotive activity is establishing children\'s early stage habit of oral health care. This research objective is to discover the dental and oral health care habit divergence in on elementary school children with and without UKGS. The type of this research is analitic descriptive with survey approach. The samples are thirty fifth grade SD Tunas Karya pupils and sixty fifth grade SD Don Bosco I North Jakarta pupils. Data concerning dental and oral health care habit are collected using questioner and analyzed with non-parametric Mann-Whitney test. The result states that the target school with UKGS posses 76.7% of good dental and oral health care habit, on contrary only 48.3% are possessed by the target school without UKGS. Mann-Whitney test result shows Sig value of P value = 0.000 (<0.05), this means there is a significant divergency of dental and oral health care habit on elementary school pupils with and without UKGS. To conclude, UKGS is necessary as promotive program is able to establish children\'s early good dental and oral health care.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?