DETAIL KOLEKSI

Gambaran tingkat stres dan coping stress pada mahasiswa dalam menyusun skripsi: kajian pada mahasiswa program studi pendidikan dokter gigi fakultas kedokteran gigi universitas trisakti


Oleh : Nur Kamaliyah

Info Katalog

Nomor Panggil : 614 NUR g

Penerbit : FKG - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2024

Pembimbing 1 : Sri Lestari

Pembimbing 2 : Goalbertus

Subyek : Public dental health

Kata Kunci : tingkat stres, coping stress, mahasiswa, skripsi

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2024_TA_SKG_040001800181_Halaman-Judul.pdf 12
2. 2024_TA_SKG_040001800181_Lembar-Pengesahan.pdf 3
3. 2024_TA_SKG_040001800181_Bab-1_Pendahuluan.pdf 4
4. 2024_TA_SKG_040001800181_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf 11
5. 2024_TA_SKG_040001800181_Bab-3_Kerangka-Teori.pdf 3
6. 2024_TA_SKG_040001800181_Bab-4_Metode-Penelitian.pdf 7
7. 2024_TA_SKG_040001800181_Bab-5_Hasil-Penelitian.pdf 11
8. 2024_TA_SKG_040001800181_Bab-6_Pembahasan.pdf 4
9. 2024_TA_SKG_040001800181_Bab-7_Kesimpulan-dan-Saran.pdf 1
10. 2024_TA_SKG_040001800181_Daftar-Pustaka.pdf 6
11. 2024_TA_SKG_040001800181_Lampiran.pdf 18

L Latar belakang: Stres merupakan masalah kesehatan mental yang tidak dapat dihindari dan sering dijumpai dalam berbagai aspek kehidupan. Mahasiswa tingkat akhir dapat mengalami stres ketika mengerjakan skripsi yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti, kesulitan menuang pikiran dalam bentuk tulisan atau malas dalam mengerjakan skripsi. Untuk mengatasi stres, individu biasanya melakukan coping. Setiap individu memiliki strategi coping yang berbeda, ada yang berfokus pada masalah (problem-focused coping) dan/atau berfokus pada emosi (emotion-focused coping). Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat stres dan coping stress pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti dalam menyusun skripsi. Metode: Jenis penelitian merupakan penelitian observasional deskriptif dengan rancangan potong silang. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan kuesioner Perceived Stress Scale (PSS) dan kuesioner Ways Of Coping (WOC). Hasil: Data yang diperoleh dianalisis dengan SPSS 26 dan hasil berdasarkan kuesioner Perceived Stress Scale sebanyak 107 responden (81%) memiliki tingkat stres dengan kategori sedang, stres rendah sebanyak 15 responden (11%) dan stres tingkat tinggi sebanyak 10 responden (8%). Berdasarkan hasil penelitian coping stress, sebanyak 21 responden (16%) mengatasi stres dengan emotional focused coping dan 111 responden lainnya (84%) dengan problem focused coping. Kesimpulan: Sebagian besar responden mengalami stres tingkat sedang pada saat menyusun skripsi dan coping yang digunakan dengan strategi emotional focused coping untuk mengatasi stres.

B Background: Stress is a mental health problem that cannot be avoided and is often found in various aspects of life. Final year students can experience stress when working on a thesis caused by several factors such as difficulty pouring thoughts into writing or laziness in working on a thesis. To cope with stress, individuals usually do coping. Each individual has a different coping strategies, some are problem-focused coping and/or emotion-focused coping. Objective: The purpose of this study was to determine the description of stress levels and coping in students of the Dentist Education Study Program, Faculty of Dentistry, Trisakti University in preparing a thesis. Methods: This type of research is a descriptive observational study with a cross-sectional design. Data collection was carried out using the Perceived Stress Scale (PSS) questionnaire and the Ways Of Coping (WOC) questionnaire. Results: The data obtained were analyzed with SPSS 26 and the results obtained based on the Perceived Stress Scale questionnaire as many as 107 respondents (80.5%) had a moderate level of stress, low stress as many as 16 respondents (12%), and high levels of stress as many as 10 respondents (7.5%). Based on the results of stress coping research, as many as 76 respondents (57.1%) overcame stress with emotional-focused coping and 57 other respondents (42.9%) with problem-focused coping. Conclusion: Most of the respondents experienced moderate levels of stress when compiling a thesis and coping with emotionally focused coping strategies to cope with stress.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?