Pengaruh capital intensity, leverage, dan asimetri informasi terhadap agresivitas pajak pada perusahaan sektor consumer non cyclicals dengan dampak pandemi covid-19 sebagai moderasi
P Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Capital Intensity,Leverage, dan Asimetri Informasi terhadap Agresivitas Pajak pada Perusahaan SektorConsumer Non Cyclicals dengan Dampak Pandemi Covid-19 sebagai Moderasi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Datasekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia digunakan dalam penelitian ini.Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh Perusahaan Sektor Consumer NonCyclicals, Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selamaperiode tahun 2018-2021, metode yang digunakan untuk memilih sampel adalahmetode purposive sampling sehingga menghasilkan 26 perusahaan dengan totalpengamatan sebanyak 104 sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan dalampenelitian ini adalah analisis regresi linear berganda model data panel. Perangkatlunak analisis yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah EViews 10.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa capital intensity tidak berpengaruhpositif terhadap agresivitas pajak. Leverage dan Asimetri Informasi berpengaruhpositif terhadap agresivitas pajak, dampak pandemi covid-19 tidak berpengaruhterhadap agresivitas pajak, dampak pandemi covid-19 tidak dapat memperkuatpengaruh capital intensity terhadap agresivitas pajak, dampak pandemi covid-19tidak dapat memperkuat pengaruh leverage terhadap agresivitas pajak, dampakpandemi covid-19 tidak dapat memperkuat pengaruh asimetri informasi terhadapagresivitas pajak
T This study aims to examine and analyze the effect of Capital Intensity, Leverage, andInformation Asymmetry on Tax Aggressivity in Consumer Non-Cyclicals SectorCompanies with the Impact of the Covid-19 Pandemic as Moderation. The methodused in this research is a quantitative method. Secondary data obtained from theIndonesia Stock Exchange is used in this study. The population in this study are allConsumer Non Cyclicals, Food and Beverage Sector Companies listed on theIndonesia Stock Exchange (IDX) during the 2018-2021 period, the method used toselect the sample is the purposive sampling method resulting in 26 companies with atotal of 104 observations research sample. The analytical method used in this study ismultiple linear regression analysis of panel data models. The analysis software usedfor testing the hypothesis is EViews 10. Based on the results of the study, it showsthat capital intensity has no positive effect on Tax Aggressivity. Leverage andInformation Asymmetry has a positive effect on Tax Aggressivity, the impact of thecovid-19 pandemic has no effect on Tax Aggressivity, the impact of the covid-19pandemic cannot strengthen the effect of capital intensity on Tax Aggressivity, theimpact of the covid-19 pandemic cannot strengthen the effect of leverage on TaxAggressivity, the impact of the covid-19 pandemic cannot strengthen the effect ofinformation asymmetry on Tax Aggressivity