Perancangan jenis huruf Karta-Sans sebagai identitas Jakarta
P Penulisan ini dilatarbelakangi oleh diperlukannya jenis huruf untuk DKI Jakarta untuk kebutuhan promosi kota dan korporat seperti perkantoran hingga pemerintahan. Jakarta menjalankan kampanye Enjoy Jakarta yang dicanangkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta yang bertujuan untuk menarik masyarakat luar Jakarta untuk berkunjung dan berpariwisata di Jakarta. Identitas yang dibangun pada kampanye Enjoy Jakarta sudah cukup baik dengan logo yang memiliki kesamaan sebagai keturunan dari kampanye Kementerian Pariwisata Republik Indonesia yaitu Wonderful Indonesia.Permasalahan yang muncul adalah diperlukannya jenis huruf sekunder yang mampu menunjang identitas dari Jakarta. Jenis huruf yang digunakan oleh kampanye Enjoy Jakarta adalah Open Sans yang memiliki klasifikasi jenis huruf sans serif. Walaupun jenis huruf sans serif memiliki bentuk dan sifat yang netral namun Open Sans dirasa masih belum cukup untuk merepresentasikan kota Jakarta sehingga dilakukan penelitian dengan metode observasi lingkungan, wawancara terhadap penduduk tetap dan tidak tetap kota Jakarta, serta dokumentasi wilayahJakarta yang bertujuan untuk mendapatkan nilai-nilai tertentu dan spesifik terhadapkota Jakarta. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka sebagai solusi daripermasalahan yang telah disebutkan sebelumnya, jenis huruf Karta Sans adalahjenis huruf sans serif yang merepresentasikan Jakarta. Bentuk tinggi dan rapatmenggambarkan bangunan-bangunan di pusat kota namun tanpa memunculkankesan kaku dan formal sehingga dapat diaplikasikan kedalam berbagai konsep danmedia.
T This writing is motivated by the needs of typeface for DKI Jakarta for city promotion and corporation such as office to government. Jakarta had a campaign named Enjoy Jakarta which planned by Jakarta City Department of Tourism and Culture which aims to attract people outside the city to visiting and touring in Jakarta. The identity built by Enjoy Jakarta Campaign is pretty well-design with a logo that has a same core with campaign from Republic of Indonesia Ministry of Tourism which is Wonderful Indonesia. The problem is the needs of secondary typeface that can support the identity of Jakarta. The typeface that used in Enjoy Jakarta Campaign is Opens Sans which has a classification as a sans serif typeface.Although sans serif typeface has a neutral shape and characteristic yet Open Sans not enough to represent Jakarta City so the research was conducted by the using the environmental observation method, interviews of permanent and nonpermanent citizen of Jakarta, and documentation of Jakarta area that aims to get certain specifics values of Jakarta. Based on the research that has been done before, as the solution of the problem that mentioned, Karta Sans typeface is the typeface that represent Jakarta. The tall and narrow shape is representing skyscraper buildings in the center of the city without appearing a stiff and formal impression so it can applied to various forms and media.