Analisa sistem kerja car line toyota 164 w ( hi- ace) cowl dengan peta kerja untuk memperbaiki sistem kerja pada PT. Eds Manufacturing Indonesia
P PT. EDS Manufacturing Indonesia adalah perusahaan yang membuat Wiring Harness untuk mobil. Salah satu produk Wiring Harness adalah TOYOTA 164W (Hi - Ace) Cowl. Yang menjadi latar belakang masalah adalah pada saat ini perusahaaan ingin meningkatkan efisiensi operator dan mesin agar dapat memenuhi permintaan yang cukup tinggi dan mampu memproduksi dalam waktu yang Iebih singkat.Pada Car Line ini waktu yang dibutuhkan untuk penyelesaian produk Iebih lama dibandingkan dengan Car Line yang lainnya . Saat ini perusahaan menginginkan perbaikan sistem kerja agar dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas.Untuk melakukan perbaikan sistem kerja saat ini, mula-mula dilakukan penelitian pendahuluan untuk mencari informasi mengenai car line TOYOTA 164W ( Hi - Ace ) Cowl, sehingga dapat didefinisikan tujuan dari peneliian. Selanjutnya dilakukan pengumpulan data. Data yang dikumpulkan terdiri dari data umurn perusahaan, data car line TOYOTA 164W (Hi - Ace ) Cowl, dan data waktu baku car line TOYOTA 164W ( Hi - Ace ) Cowl. Setelah itu dilakukan pengolahan data. Hal pertama yang dilakukan adalah melakukan uji keseragaman dan kecukupan data. Kemudian dilakukan perhitungan waktu normal dan waktu baku. Setelah itu dilakukan pembuatan Peta Proses Operasi, Peta Aliran Proses, Peta Pekerja dan Mesin, dan Peta Tangan Kiri Tangan Kanan .Berdasarkan pengolahan data dibuat analisa terhadap perhitungan waktu baku, Peta AliranProses, Peta Pekerja dan Mesin, dan Peta Tangan Kiri Tangan Kanan. Dari analisa yang dibuat maka usulan yang diberikan adalah mengatur penempatan circuit, mengatur susunan circuit pada meja sub assembly , memperbaiki kondisi kerja pada meja final assembly , dan mengatur penempatan spacer, clip, seal rubber, protector , tape dan name plate pada meja final assembly.Dari hasil perhitungan waktu baku pada pengolahan data diperoleh waktu baku shift 1 dan shift 2 adalah 12595.17 detik dan 12588.82 detik . Sedangkan hasil dari usulan perbaikan diperoleh waktu baku antara shift 1 dan shift 2 adalah 12583.33 detik dan 12554.60 detik. Dari hasil ini dapat disimpulkan waktu baku shift 1 dapat berkurang sebesar 56.84 detik dan waktu baku shift 2 dapat berkurang sebesar 34.22 detik
P PT. EDS Manufacturing Indonesia is a company that making Wiring Harness for car. One of the product of Wiring Harness is TOYOTA 164W ( Hi - Ace ) Cowl. Becoming problem background is at the moment company wish improved operator efficiency and machine so that can fulfill request, which is high enough, and can produce with the short time .At this Car Line, time required to the solving of compared to longer product of Car Line the other. In this time company wish repair of system work so that can improve effectiveness and efficiency.To repair the work system at this time, is originally conducted by research of antecedentto look for information concerning line car of TOYOTA 164W (Hi - Ace) Cowl, so that can be defined the intention of research. Afterwards, do the collecting data. Collected data consist of common data of the company, data of car line of TOYOTA 164W ( Hi - Ace ) Cowl, and standard time data of line car of TOYOTA 164W (Hi - Ace) Cowl. Afterwards conducted by data processing. First matter taken is test uniformity and sufficiency of data. Later, conducted by the calculation normal time and standard time. And then, conducted by cartography of Process Operation, Map Of Stream Process, Map of Worker and Machine, and Map of Left Hand Right Hand.Pursuant to data processing made by analysis to calculation standard time, Map Of StreamProcess, Map of Worker and Machine, and Map Of Left Hand Right Hand. From the analysis hence proposal the given is to arrange location of circuit, arranging formation of circuit at sub desk of assembly, improve; repairing the condition of activity at final desk of assembly, and arrange location of spacer, clip, rubber seal, protector, and tape of name plate at final desk of assembly.From the result of calculation standard time at data processing obtained by standard timeof shift 1 and shift 2 is 12595.17 second and 12588.82 second. While the result from repair proposal obtained by standard time between shift 1 and shift 2 is 12583.33 second and 12554.60 second. Of this result can be concluded that standard time of shift 1 can decrease equal to 56.84 standard time and second of shift 2 can decrease equal to 34.22 second.