Pengaruh pemahaman perpajakan, mekanisme pembayaran pajak, tarif perpajakan, sosialisasi perpajakan, dan account representative terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM
P Penerimaan pajak mengalami peningkatan pada beberapa tahun terakhir tetapi hal ini tidak diimbangi dengan peningkatan tax ratio. Hal ini menunjukkan bahwa penerimaan pajak masih belum optimal sehingga masih ada potensi pajak yang bisa digali oleh pemerintah. Salah satu kendala yang dapat menghambat penerimaan pajak yang optimal adalah kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Pemahaman Perpajakan, Mekanisme Pembayaran Pajak, Tarif Perpajakan, Sosialisasi Perpajakan dan Account Representative Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM.Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak UMKM yang melakukan kegiatan usaha di Pasar Baru Jakarta Pusat. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan metode accidental sampling, yaitu pengumpulan informasi dari wajib pajak yang kebetulan ditemui peneliti. Sedangkan penentuan jumlah sample menggunakan rumus Slovin. Berdasarkan jumlah dan dalam penyebaran data terdapat 99 kuesioner yang diolah dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda menggunakan program SPSSBerdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa secara parsial sosialisasi pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Sedangkan pemahaman wajib pajak, mekanisme pembayaran pajak, tarif pajak dan account representative tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM yang melakukan kegiatan usaha di Pasar Baru Jakarta Pusat. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman wajib pajak, mekanisme pembayaran pajak, tarif pajak, sosialisasi pajak dan account representative secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM yang melakukan kegiatan usaha di Pasar Baru Jakarta Pusat.
T Tax revenues apply in recent years this is not offset by an increase in tax ratio. This shows that tax revenue is still not optimal. There are still potential taxes that the government can explore. One factor that can hinder optimal tax revenue is taxpayer taxes. This study aims to make reports, tax payments, taxation rates, taxation socialization and account representatives of SMEs taxpayer compliance. This type of research is quantitative causality. The population in this study is SMEs taxpayer who conducts business activities in Pasar Baru Central Jakarta. The sampling technique is done by accidental sampling method, which is information from a good taxpayer who met the researcher. While determining the number of samples using the Slovin formula. The amount and depth of available data 99 questionnaires were processed in this study. The data analysis technique used is multiple linear regression using the SPSS program Based on the results of the analysis carried out, it can be concluded that tax socialization has a significant effect on taxpayer taxes. While taxpayer taxes, payment taxes, tax rates and representative accounts do not have a significant effect on the taxpayers' tax on SMEs that conduct business activities at Pasar Baru Central Jakarta. And the results of the study show that taxpayer taxes, payment taxes, tax rates, tax socialization and representative accounts simultaneously have a significant effect on taxpayers' tax on SMEs that conduct business activities in Pasar Baru Central Jakarta.