DETAIL KOLEKSI

Analisis hubungan modal intelektual terhadap kinerja manajerial perusahaan


Oleh : Asriyani Rahmah

Info Katalog

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2012

Pembimbing 1 : Harti Budi Yanti

Subyek : Behavioral Accounting

Kata Kunci : human capital, structural capital, customer capital, managerial performance, the method of Partial L

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2012_TA_AK_023104063_7.pdf
2. 2012_TA_AK_023104063_6.pdf
3. 2012_TA_AK_023104063_5.pdf
4. 2012_TA_AK_023104063_4.pdf
5. 2012_TA_AK_023104063_3.pdf
6. 2012_TA_AK_023104063_2.pdf
7. 2012_TA_AK_023104063_1.pdf

P Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan diantara masing-masing komponen modal intelektual, serta hubungan antara komponen modal intelektual terhadap kinerja manajerial perusahaan. Sampel dalam penelitian ini, adalah karyawan yang berasal dari beberapa bidang industri di wilayah DKI Jakarta. Data yang digunakan dalam penelitian merupakan data primer, yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner dengan cara snowball sampling. Adapun metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) dengan software SmartPLS. Hasil pengujian menunjukkan bahwa masing-masing dari komponen modal intelektual berhubungan positif dan signifikan pada level signifikan 5% (T-tabel 1,96).Namun, pada hasil uji antara masing-masing komponen modal intelektual terhadap kinerja manajerial perusahaan menunjukkan hasil yang berbeda-beda pada level signifikan 5% (T-tabel 1,96). Pada human capital dan customer capital tidak menunjukkan hubungan positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial perusahaan, sedangkan pada structural capital menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial perusahaan. Implikasi manajerial penelitian ini, yaitu manajer dapat mengembangkan kemampuan modal intelektual-nya dengan berbagai cara seperti memberikan pelatihan kepada karyawan, menyediakan sarana dan fasilitas yang memadai, serta memberikan perhatian yang cukup kepada konsumennya.

T This study aims to determine the relationship between the individual components of intellectual capital, and the relationship between intellectual capital components of the managerial performance of the company.The sample in this study, is the employees who come from several areas of industry in the areas of Jakarta.Data used in this study is the primary data, obtained through questionnaires by snowball sampling.The data analysis methods used in this study is Partial Least Square (PLS) with SmartPLS software. Test results showed that each of the components of intellectual capital are positively related and significant at the significant level of 5% (T-table 1,96). However, the test results between the individual components of intellectual capital on the performance of managerial firms show different results on a significant level of 5% (T-Table 1,96). On human capital and customer capital did not show positive and significant relationship to the company's managerial performance, while the structural capital shows a positive and significant impact on managerial performance. Managerial implications of this research, that managers can develop the ability of its intellectual capital in various ways such as providing training to employees, provide adequate infrastructure and facilities, as well as to give sufficient attention to their customers.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?