DETAIL KOLEKSI

Analisis kekuatan struktur pada gerbong datar

5.0


Oleh : Teddy Andreas

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2018

Pembimbing 1 : Tono Sukarmoto

Subyek : Railroad plant and structures;Strength of materials

Kata Kunci : railroad flatcars, analysis, von-mises stress, total deformation, crack.

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2018_TA_TM_06114001_Halaman-Judul.pdf 15
2. 2018_TA_TM_06114001_Ban-1.pdf 4
3. 2018_TA_TM_06114001_Bab-2.pdf
4. 2018_TA_TM_06114001_Bab-3.pdf
5. 2018_TA_TM_06114001_Bab-4.pdf
6. 2018_TA_TM_06114001_Bab-5.pdf
7. 2018_TA_TM_06114001_Daftar-Pustaka.pdf 2
8. 2018_TA_TM_06114001_Lampiran.pdf

G Gerbong datar PPCW merupakan gerbong datar yang digunakan untuk mengangkut beban jenis container dengan nilai kapasitas muat maksimal hingga 42 ton. Dalam penggunaannya, gerbong datar ini difungsikan untuk mengangkut kantong semen dalam susunan palet yang berakibat pada timbulnya keretakan pada bagian dasar rangka dari struktur gerbong datar PPCW. Analisis dilakukan dengan tujuan mengetahui besar tegangan dan deformasi yang terjadi pada gerbong datar akibat pembebanan berupa semen. Proses analisis diawali dengan melakukan pemodelan sesuai ukuran asli gerbong datarnya yang kemudian diikuti dengan memberikan tumpuan, gravitasi, beban, dan spesifikasi material yang digunakan. Berdasarkan hasil analisis yang telah diperoleh dengan pembebanan berupa kantong semen sebesar 546000 N dan ratchet lashing sebesar 900000 N pada rangka gerbong datar PPCW, diperoleh nilai tegangan von-Mises maksimum sebesar 231,91 MPa yang timbul pada daerah rangka bawah gerbong datar sebagai tempat terjadinya retakan dan nilai deformasi maksimum sebesar 19,526 mm yang timbul pada bagian tengah gerbong datar. Gerbong datar PPCW berbahan SS400 dengan nilai yield strength sebesar 245 MPa. Oleh karena itu, didapatkan bahwa tegangan yang timbul pada gerbong datar masih berada di daerah aman dan diperbolehkan.

T The PPCW railroad flatcars is railroad flatcars used to transport container loads with a maximum load capacity of up to 42 tons. In its use, these railroad flatcars functioned to transport the cement bags in the pallet arrangement resulting in crack in the bottom frame of the PPCW railroad flatcars structure. The purpose of this analysis is to find out stress value and deformation value that occurred in the railroad flatcars due to the cement bags loading. The analysis process begins with modeling according to the original size of the railroad flatcars which is then followed by providing the support, gravity, loads, and material specifications used. Based on the result of analysis that has been obtained from the load of cement bags of 546000 N and ratchet lashing of 900000 N on the frame of PPCW railroad flatcars, we obtained the maximum von-Mises stress value of 231,91 MPa arising on the bottom frame of the PPCW railroad flatcars structure as the site of cracking and the maximum total deformation value of 19,526 mm arising in the center of the railroad flatcars. The PPCW railroad flatcars made from SS400 with yield strength value of 245 MPa. Therefore, it was found that the value of stress arising in the railroad flatcars is still in the safe area and is allowed.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?