DETAIL KOLEKSI

Analisis sentimen review costumer terhadap layanan ekspedisi J& T Express dan JNE menggunakan metode naive bayes dan support vector machine


Oleh : Alberties Paul Yigibalom

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2024

Pembimbing 1 : Dedy Sugiarto

Pembimbing 2 : Gatot Budi Santoso

Subyek : Support vector machines

Kata Kunci : sentiment analysis, JNE, J&T ekspress, classification, naïve bayes, support vector machine

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2024_SK_STF_064001800019_Halaman-Judul.pdf 13
2. 2024_SK_STF_064001800019_Surat-Pernyataan-Revisi-Terakhir.pdf 1
3. 2024_SK_STF_064001800019_Surat-Hasil-Similaritas.pdf
4. 2024_SK_STF_064001800019_Halaman-Pernyataan-Persetujuan-Publikasi-Tugas-Akhir-untuk-Kepentingan-Akademis.pdf -1
5. 2024_SK_STF_064001800019_Lembar-Pengesahan.pdf -1
6. 2024_SK_STF_064001800019_Pernyataan-Orisinalitas.pdf -1
7. 2024_SK_STF_064001800019_Formulir-Persetujuan-Publikasi-Karya-Ilmiah.pdf
8. 2024_SK_STF_064001800019_Bab-1-Pendahuluan.pdf 4
9. 2024_SK_STF_064001800019_Bab-2-Landasan-Teori.pdf 23
10. 2024_SK_STF_064001800019_Bab-3-Metodologi-Penelitian.pdf 3
11. 2024_SK_STF_064001800019_Bab-4-Analisis-dan-Pembahasan.pdf 32
12. 2024_SK_STF_064001800019_Bab-5-Kesimpulan-dan-Saran.pdf 2
13. 2024_SK_STF_064001800019_Daftar-Pustaka.pdf
14. 2024_SK_STF_064001800019_Lampiran.pdf 2

S Saat ini perkembangan e-commerce di Indonesia mengakibatkan peningkatan terhadap jumalh pengguna jasa yaitu jasa pengiriman barang. Layanan ekspedisi sudah menjadi hal umum, diakrenakan industri ini merupakan perusahaan penyedia jasa pengiriman dan juga banyak melakukan transasksi melalui media komputerisasi ataupun internet. Contohnya adalah JNE dan J&T, JNE dan J&T ialah bagian dari perusahaan yang menawarkan pelayanan jasa pengiriman dalam bentuk barang, dokumen, dan lain-lain. Untuk itu, dikarenakan dibutuhkannya banyak informasi yang berkembang di media sosial sebagai wadah promosi dan agar tetap berkomunikai dengan costumer. Dengan menyediakan media komunikasi untuk pelanggan JNE terdapat media sosial twitter. Karena dari Twitter dapat mengetahui pendapat masyarakat mengenai layanan ekspedisi yang disediakan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui sentimen masyarakat terkait komentar layanan J&T Express dan JNE pada Algoritma Naive Bayes dan Support Vector Machine. Algoritma Naive Bayes dipilih karena dalam memberikan asumsi atau naif amat kuat atas independensi dari setiap keadaan. Support Vector Machine dipilih karena dapat menentuka jarak sehingga waktu komputasi menjadi cepat dan memperoleh desain pengelompokkan yang baik walaupun dilatih dengan keolompok data yang cenderung sedikit.

A At present the development of e-commerce in Indonesia has resulted in an increase in the number of service users, namely goods delivery services. Goods delivery services have become familiar, because this business is a shipping service provider company and also conducts many transactions through computerized media or the internet. Examples are JNE and J&T, JNE and J&T are part of companies that offer delivery services in the form of goods, documents, and so on. For this reason, due to the need for a lot of information that develops on social media as a forum for promotion and to keep communicating with customers. By providing a communication medium for JNE customers, there is the Twitter social media. Because from Twitter you can find out what the public thinks about the expedition services provided. The purpose of this research is to find out public sentiment regarding J&T Express and JNE service comments on the Naive Bayes Algorithm and Support Vector Machine. The Naive Bayes algorithm was chosen because it provides very strong assumptions or naive to the independence of each condition or event. The Support Vector Machine was chosen because it can determine distances so that computation time becomes fast and produces a good classification model even though it is trained with a relatively small data set.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?