DETAIL KOLEKSI

People based learning evaluation model untuk mengatasi ketidakpuasan stakeholders : tahun ke 2 dari rencana 2 tahun


Oleh : Fatik Rahayu, Ayu Ekasari

Info Katalog

Status Posting : Published

Penerbit : Lemlit - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2012

Subyek : Education - Evaluation

Kata Kunci : people based learning evaluation model, dissatisfaction of stakeholders


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2012_LP_MJ_Pengembangan-People-Based_1.pdf
2. 2012_LP_MJ_Pengembangan-People-Based_2.pdf
3. 2012_LP_MJ_Pengembangan-People-Based_3.pdf
4. 2012_LP_MJ_Pengembangan-People-Based_8.pdf
5. 2012_LP_MJ_Pengembangan-People-Based_4.pdf
6. 2012_LP_MJ_Pengembangan-People-Based_7.pdf
7. 2012_LP_MJ_Pengembangan-People-Based_5.pdf
8. 2012_LP_MJ_Pengembangan-People-Based_6.pdf

T Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sebuah intrumen untuk mengevaluasi proses pembelajaran di kelas dengan mengadopsi kompetensi yang dibutuhkan employers sebagai output serta penilaian peran dosen dan mahasiswa sebagai input dari sebuah proses pembeljaran di kelas.Tahap penelitian dilakukan mulai dari pembuatan instrumen/kuesiner, uji validitas dan reliabilitas serta perbaikan instrumen/kuesioner, perencanaan dan pelaksanaan eksperimen, pelatihan asisten penyebar kuesioner, penyebaran kuesiner, pengolahan dan analisis data. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan uji beda (Anova) dan Regresi Berganda. Diperoleh hasil dan dapat disimpulkan bahwa penelitian ini sudah menghasilkan sebuah instrumen dengan item-item pengukuran yang komprehensif dan sudah mengakomodasi harapan dari pengguna lulusan, dosen dan mahasiswa sebagai stakeholders PT. Hasil uji validasi dan reliabilitas menunjukan bahwa instrumen ini valid dan reliabel sehingga dapat digunakan sebagai alat untuk mengevaluasi kualitas proses pembelajaran di kelas. Uji publik terhadap instrumen juga sudah dilakukan dengan menggunakannya dalam sebuah ekperimen evaluasi kualitas proses pembelajaran di beberapa kelas manajemen FE Usakti. Hasil eksperimen menunjukan bahwa peran dosen dan peran mahasiswa mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran suatu mata kuliah dalam menghasilkan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna lulusan. Peran dosen lebih besar dibandingkan peran mahasiswa dalam keberhasilan proses pembelajaran. Namun kalau dilihat nilai beta dari kedua variabel ini, tidak terlalu besar selisihnya. Ini menunjukkan peran dosen dan mahasiswa hampir sama pentingnya dalam menentukan kualitas pembelajaran suatu mata kuliah. Dimensi-dimensi yang membentuk peran dosen adalah instructor involvement, student instructor interaction, course organization, course demand, knowledge of materials, media effective use, grading fairness, respect/relationship with student

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?