Kajian etis dan estetis penempatan logo produk berskala internasional studi kasus: Logo Starbucks pada Gedung Perpustakaan Universitas Indonesia
S Saat ini banyak orang melihat logo perusahaan berskala nternasional berada di mana-mana. Tetapi tidak semua logo tersebu tditempatkan dengan baik dan benar. Yang terjadi adalah akan menimbulkan berbagai efek negative bagi lingkungan sekitar dimana logo tersebut ditempatkan. Penempatan logo Starbucks pada gedung perpustakaan UI terlihat mencolok dan tidak sesuai dengan niali etis dan nilai estetis.Studi ini bertujuan untuk membuat pedoman dalam penempatan logo sehingga dapat dipahami dampak-dampak yang terjadi dari penempatan logo tersebut dilihat dari berbagai sudut pandang
T Today many people see international company logos are every where. But not all the logos are placed properly. What happens is going to cause a variety of negative effects for the environment where the logo is placed. Starbucks logo placement on UI library building looks striking and is not in accordance with niali ethical and aesthetic values.This study aims to establish guidelines in the placement of the logo so that it can understand the impacts that occur from the placement of the logo is viewed from different angles.