Faktor-faktor yang mempengaruhi green behavior
T Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh social media usage dan interpersonal influence terhadap green behavior dengan green purchase intention sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data survey. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh masyarakat Indonesia yang pernah melakukan pembelian green product dalam enam bulan terakhir. Dalam penelitian ini melibatkan 111 responden yang melakukan pembelian dan penggunaan green product selama minimal tiga bulan. Peneliti menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data. Kuesioner disebarkan secara digital melalui google form kepada responden secara acak lalu dipilih yang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Metode analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan Structural Equation Model (SEM) sebagai alat analisis. Analisis data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 3.0 untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan. Berdasarkan analisis penelitian ini mencapai kesimpulan sebagai berikut (1) social media usage berpengaruh positif terhadap Green purchase intention (2) interpersonal influence berpengaruh positif terhadap Green purchase intention (3) e-WOM berpengaruh positif terhadap Green purchase intention (4) Green purchase intention berpengaruh positif terhadap Green behavior
T The purpose of this study was to analyze the effect of social media usage and interpersonal influence on green behavior with green purchase intention as an intervening variable. This study uses survey data collection techniques. This study used a cross sectional method. The sampling technique in this study was a purposive sampling technique. The population in this study is all Indonesian people who have purchased green products in the last six months. This study involved 111 respondents who purchased and used green products for at least three months. Researchers used a questionnaire to collect data. Questionnaires were distributed digitally via Google form to respondents randomly and then selected according to predetermined criteria. The method of data analysis in this study is to use the Structural Equation Model (SEM) as an analytical tool. Data analysis was performed with the help of SmartPLS 3.0 software to test the hypotheses that had been formulated. Based on the analysis, this study reached the following conclusions (1) social media usage has a positive effect on Green purchase intention (2) interpersonal influence has a positive effect on Green purchase intention (3) e-WOM has a positive effect on Green purchase intention (4) Green purchase intention has an effect positive towards Green behavior.