Analisis pengaruh perpajakan terhadap motif internal dan motif eksternal transfer pricing pada perusahaan multinasional berbentuk subsidiary company
P Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perpajakan terhadap motif internal dan motif eksternal transfer pricing pada perusahaan subsidiary company.Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan subsidiary yang berada dalam group yang sama. Metode sampling yang digunakan adalah metode purposive sampling method dan jumlah sampel penelitian ini adalah 30 pegawai pajak. Pengumpulan data primer dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan pengumpulan data sekunder dilakukan melalui data PPh Badan masing-masing perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda.Hasil penelitian menunjukan bahwa motif internal transfer pricing tidak dipengaruhi oleh perpajakan sedangkan motif eksternal transfer pricing dipengaruhi oleh perpajakan.
T This study aims to analyze the effect of taxation on internal motives and external motives for transfer pricing on subsidiary companies. The population of this study is all subsidiary companies that are in the same group. The sampling method used is the purposive sampling method and the number of samples of this study is 30 tax employees. Primary data collection is done through questionnaires and secondary data collection is carried out through the Corporate Income Tax data of each company. The data analysis method used is multiple regression analysis. The results showed that internal transfer pricing motives were not influenced by taxation while external transfer pricing motives were influenced by taxation