DETAIL KOLEKSI

Dampak dari dimensi e-service quality terhadap e-satisfaction setelah melakukan proses berbelanja di e-commerce website"


Oleh : Siti Rohmah

Info Katalog

Subyek : Marketing -- Management;Electronic commerce

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2023

Pembimbing 1 : Kurniawati

Kata Kunci : e-loyalty, e-satisfaction, e-WOM, and service quality of online service e-commerce

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2023_TS_MMJ_122012011062_Halaman-Judul.pdf 12
2. 2023_TS_MMJ_122012011062_Lembar-Pengesahan.pdf 5
3. 2023_TS_MMJ_122012011062_Bab-1_Pendahuluan.pdf 9
4. 2023_TS_MMJ_122012011062_Bab-2_Landasan-Teori.pdf 14
5. 2023_TS_MMJ_122012011062_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf 23
6. 2023_TS_MMJ_122012011062_Bab-4_Hasil-dan-Pembahasan.pdf 14
7. 2023_TS_MMJ_122012011062_Bab-5_Kesimpulan.pdf 2
8. 2023_TS_MMJ_122012011062_Daftar-Pustaka.pdf 5
9. 2023_TS_MMJ_122012011062_Lampiran.pdf 11

P Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor kritis kualitas pelayanan online service e-commerce di Indonesia seperti website attractiveness, website functionality, website security, consumer fulfillment, dan consumer service serta dampaknya terhadap kepuasan pelanggan, e-WOM, dan loyalitas pelanggan pada situasi pandemi Covid-19. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 290 orang menggunakan purposive sampling yang kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa kualitas pelayanan online e-commerce berpengaruh terhadap kepuasan, kecuali website functionality dan website security. Kepuasan dan e-WOM saling terkait dalam mempengaruhi loyalitas pelanggan, sedangkan consumer fulfillment tidak secara langsung mempengaruhi loyalitas pelanggan. Implikasi dari penelitian ini dapat menjawab gap riset pada penelitian sebelumnya yang lebih banyak berfokus pada kualitas pelayanan online service e-commerce dan memisahkannya dengan aspek kualitas pelayanan yang diberikan sumberdaya manusia perusahaan. Kemudian, dapat memberikan gambaran mengenai model perilaku pembelian pelanggan e-commerce di Indonesia sekaligus menjadi keterbatasan karena belum tentu dapat digunakan pada negara lain yang mempunyai kultur perilaku pembelian yang berbeda dengan Indonesia. Oleh karena keterbatasan tersebut, maka diharapkan penelitian selanjutnya mengkaji lebih dalam dalam spektrum sampel yang lebih banyak dan studi perilaku pelanggan e-commerce di negara lain. Rekomendasi bagi perusahaan e-commerce di Indonesia adalah inovasi pada interface secara berkala agar tidak membosankan serta membuat fitur pencarian yang memudahkan dalam mencari produk kosmetik, fashion, dan kebutuhan sehari-hari dibandingkan katalog produk lainnya

T This research identifies the critical factors of online service delivery of electronic commerce websites, including website attractiveness, website functionality, website security, consumer fulfillment, and consumer service, and its impact on e-satisfaction, e-WOM, and consumer’s loyalty during Covid-19 pandemic. A structured questionnaire was used to gather data from 290 respondents by applying purposive sampling and then analysed uses Structural Equation Modelling. The findings reported that online service delivery of electronic commerce websites influence on e-satisfaction, exluded website functionality and website security. E-satisfaction and e-WOM dependently determine consumer’s loyalty, however in the other hand consumer fulfillment does not influence consumer’s loyalty directly. This study addresses a knowledge gap of previous research which much focuses on online service delivery of electronic commerce websites and separate them from human resource’s quality service. This contribution posits about e-commerce customer buying behavior in Indonesia and the same time as limitation which is this buying behavior can not be applied on another country. This limitation leads to recommend next research to get more sample and analyze customer behavior of e-commerce in another country which differ in culture. Some of recommendations for Indonesia’s e-commerce are interface innovation and creates easy navigation to search cosmetics, fashion, and daily need products compared with another product catalogue.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?