Anteseden dan konsekuensi environmental attitude destinasi pariwisata berkelanjutan
P Penelitian ini mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi sikap lingkunganmasyarakat yang mengarah pada niat untuk mengunjungi destinasi pariwisataberkelanjutan. Sebanyak 340 responden dipilih dengan menggunakan metodepurposive sampling. Analisis data menggunakan Structural Equation Modelling.Hasil penelitian menunjukkan bahwa menikmati situasi di alam, sikap terhubungdengan lingkungan alam dan citra destinasi berbasis alam akan mempengaruhisikap lingkungan, dan juga terdapat pengaruh positif sikap lingkungan terhadap niatmengunjungi destinasi pariwisata berkelanjutan. Namun, kepedulian lingkungantidak mempengaruhi sikap lingkungan. Penelitian selanjutnya dapat menambahkanvariabel lain untuk mengembangkan model penelitian yang lebih baik, sertamenambahkan lebih banyak responden untuk meningkatkan generalisasi hasilpenelitian. Hasil yang diperoleh memberikan pedoman bagi pembuat kebijakanpariwisata berkelanjutan untuk merancang promosi yang meningkatkan sikaplingkungan di masyarakat. Studi ini menawarkan kerangka kerja konseptual untukmemahami perilaku masyarakat terkait pariwisata berkelanjutan
T This study examines the factors that influence people’s environmental attitude thatleads to intention to visit sustainable tourism destination. A total of 340 respondentswere selected using purposive sampling method. Data was analysed usingStructural Equation Modelling. The findings show that enjoyment of natureenvironmental identity and nature-based destination image influence environmentalattitude, and also there is a positive influence of environmental attitude on intentionto visit sustainable tourism destination. However, environmental concern do notinfluence environmental attitude. Future studies can add other variables to developa better research model, as well as adding more respondents to increase thegeneralizability of the findings. The obtained results provide guidance for policymakers and sustainable tourism operators to design advertisement that increasepeople’s environmental attitude. The study offers a conceptual framework tounderstand people’s behaviour regarding sustainable tourism