DETAIL KOLEKSI

Kajian fenomena Urban Toys di Jakarta 2019/2020

0.0


Oleh : Dhimas Fiqry Dani Pratama

Info Katalog

Nomor Panggil : 008/MD-2/2020

Subyek : Toys - Designs and plans

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2020

Pembimbing 1 : Diah Asmarandani

Pembimbing 2 : R.Drajatno Widdi Utomo

Kata Kunci : fenomen, urban toys, art toys, designer toys

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2020_TS_MDP_191211800008_Halaman-Judul.pdf-k2.pdf-k3.pdf
2. 2020_TS_MDP_191211800008_Pengesahan.pdf
3. 2020_TS_MDP_191211800008_Bab-1-Pendahuluan.pdf-1.pdf 8
4. 2020_TS_MDP_191211800008_Bab-2-Kajian-pustaka.pdf-1.pdf
5. 2020_TS_MDP_191211800008_Bab-3-Metodologi-dan-penelitian.pdf-1.pdf
6. 2020_TS_MDP_191211800008_Bab-4-Hasil-dan-pembahasan.pdf-1.pdf
7. 2020_TS_MDP_191211800008_Bab-5-Kesimpulan-dan-pembahasan.pdf-1.pdf
8. 2020_TS_MDP_191211800008_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2020_TS_MDP_191211800008_Lampiran.pdf

P Perkembangan dunia mainan (Toys) telah menciptakan suatu fenomena tersendiri. Fenomena adalah suatu peristiwa yang terjadi di masyarakat yang dapat dilihat, dapat dirasakan dan dapat diamati oleh manusia sehingga menarik untuk dikaji atau diteliti keadaannya secara ilmiah. Dahulu “Toys” diidentikan sebagai mainan anak-anak dan tidak memiliki arti lebih dari sekedar instrumen hiburan semata. Selanjutnya di awal tahun 2000an muncul suatu fenomena “Toys Movement”. Sebagai product design, urban toys cenderung dibuat dan dilihat hanya sebagai nilai seni/artistiknya saja. Namun dalam konteks perkembangan estetika, kesimpulan mengenai keindahan pun berkembang, tergantung dari siapa yang menggunakanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses designer toys dalam merepresentasikan ide/gagasan pada karya urban toys.dan mengetahui apakah karya urban toys dapat dibuat menjadi produk yang fungsional. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi Persepsi. Masing - masing designer toys mempunyai latar belakang yang berbeda beda, lingkungan yang berbeda serta pengalaman yang berbeda, hal tersebut dapat mempengaruhi ide/gagasan designer toys dalam membuat karya urban toys. Dari hasil penelitian fenomena urban toys ada karena dorongan bermain bagi desainernya masing- masing, sehingga mereka terdorong untuk membuat suatu karakter yang mereka imajinasikan dalam diri mereka lalu merealisasikannya ke dalam bentuk mainan yang berbeda dengan mainan pabrikan. Hasil penelitian menunjukan bagwa dorongan bermain designer toys cenderung berdampak pada pemaknaan urban toys karya-karyanya. Pandangan designer toys tentang karya urban toys fungsional, urban toys hanya sebagian kecil dari pengembangan karakter dari designer/artist toys. Semakin designer toys dapat mengeksplorasi karyanya, maka akan semakin berkembang ide/gagasan yang mereka miliki dalam membuat karya urban toys, sehingga urban toys dimaknai tidak hanya terbatas sebagai mainan.

T The development of the world of toys has created a phenomenon of its own. Phenomenon is an event that occurs in society that can be seen, felt and can be observed by humans so that it is interesting to study or research its condition scientifically. In the past, "Toys" were identified as children's toys and did not mean anything more than mere entertainment instruments. Furthermore, in the early 2000s a "Toys Movement" phenomenon emerged. As a product design, urban toys tend to be made and seen only as artistic / artistic value. But in the context of aesthetic development, conclusions about beauty develop, depending on who uses it. The purpose of this study is to determine the process of designing toys in representing ideas / ideas in urban toys work. And to find out whether urban toys work can be made into functional products. This research method uses a qualitative method with the phenomenological approach of perception. Each - each designer toys have different backgrounds, different environments and different experiences, this can influence the ideas / ideas of toy designers in making urban toys work. From the research results, the phenomenon of urban toys exists because of the urge to play for their respective designers, so that they are motivated to create a character that they imagine in themselves and then realize it into a different toy form from toy manufacturers. The results showed that the urge to play designer toys tends to have an impact on the meaning of his works of urban toys. The designer's view of functional urban toy work, urban toys is only a small part of the character development of the designer / artist toys. The more toy designers can explore their work, the more ideas they will have in making urban toys, so that urban toys are not only defined as toys.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?