DETAIL KOLEKSI

Fenomena desain user interface Gojek menurut persepsi pengguna generasi X

5.0


Oleh : Roland Ananda

Info Katalog

Nomor Panggil : 007/MD-2/2020

Subyek : User interfaces (Computer systems)

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2020

Pembimbing 1 : Agung Eko Budi Waspada

Pembimbing 2 : R.Drajatno Widdi Utomo

Kata Kunci : interface design, perception, generation x, Gojek

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2020_TS_MDP_191211800020_Halaman-Judul.pdf 19
2. 2020_TS_MDP_191211800020_Pengesahan.pdf 3
3. 2020_TS_MDP_191211800020_Bab-1_Pendahuluan.pdf 8
4. 2020_TS_MDP_191211800020_Bab-2_Kajian-Pustaka.pdf 67
5. 2020_TS_MDP_191211800020_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf 15
6. 2020_TS_MDP_191211800020_Bab-4_Hasil-dan-Pembahasan.pdf 67
7. 2020_TS_MDP_191211800020_Bab-5_Kesimpulan-dan-Saran.pdf 4
8. 2020_TS_MDP_191211800020_Daftar-Pustaka.pdf 3
9. 2020_TS_MDP_191211800020_Lampiran.pdf 69

A Aplikasi transportasi Online GoJek merupakan salah satu perusahaan berbasis teknologi yang masuk dalam perusahaan bisnis start-up sebagai Unicorn Indonesia. Perubahan identitas visual dan tambahan layanan aplikasi, tumbuh seiring dengan perkembangan kebutuhan pengguna hingga pembaruan user interface pada aplikasi Gojek yang tentu ditujukan untuk berbagai kalangan generasi. Generasi-X merupakan generasi yang lahir pada tahun awal dari perkembangan teknologi dan informasi, bahkan hingga saat ini masih merasakan perkembangan dalam bidang teknologi dan informasi sehingga perlu beradaptasi pada desain interface yang sesuai pada sebuah aplikasi yaitu GoJek yang memiliki lebih dari 20 layanan dan dapat membantu aktivitas setiap pengguna. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memahami penerapan elemen-elemen User Interface pada Gojek dan memahami Desain User Interface Gojek terhadap persepsi generasi-x. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan metodologi fenomenologi persepsi dan pendekatan teori lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan elemen- elemen User Interface pada gojek telah dimanfaatkan dengan membuat User Interface gojek menjadi sederhana dan efisien, hal ini terlihat dalam penyusunan dan penerapan elemen layout, tipografi, warna, imagery, dan control and affordance yang tersusun secara konsisten sehingga mudah untuk dipahami pengguna. Selain itu, berdasarkan pengalaman, minat dan kebutuhan dari generasi x, maka persepsi generasi x terhadap user interface gojek tersebut dipengaruhi oleh aspek elemen desain, penggunaan grafis, desain ikon, tata letak, fungsional, kontrol menu dan navigasi, penggunaan teks dan bahasa. Hal tersebut terkait dengan elemen user interface pada aplikasi gojek.

T The GoJek Online Transportation Application is one of the technology-based companies included in the start-up business company as Unicorn Indonesia. Changes in visual identity and additional application services, growing along with the development of user needs to update the user interface on the Gojek application which is certainly intended for various generations. Generation-X is a generation born in the early years of technological and information development, even today it is still experiencing developments in the field of technology and information so it needs to adapt to the appropriate interface design in an application that is GoJek that has more than 20 services and can help each user's activity. The purpose of this study is to understand the application of User Interface elements on the Gojek and to understand the Gojek User Interface Design on generation-x perceptions. This research uses descriptive qualitative methodology with the perception of phenomenology and other theoretical approaches. The results showed that the application of User Interface elements on Gojek has been utilized by making the Gojek’s User Interface is simple and efficient, this can be seen in the arrangement and application of layout, typography, color, imagery, and control and affordance elements that are arranged consistently so that it is easy for the user to understand. In addition, based on the experiences, interests and needs of generation x, generation x's perception of the Gojek user interface is influenced by aspects of design elements, graphic use, icon design, layout, functionality, menu control and navigation, use of text and language. This is related to the user interface elements in the Gojek application.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?