DETAIL KOLEKSI

Perancangan brand identity destinasi wisata batang agam kota payakumbuh sumatera barat


Oleh : Akmal

Info Katalog

Subyek : Souvenirs (Keepsakes);Tourism - economic aspect;Product design

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2024

Pembimbing 1 : Elda Franzia Jasjfi

Pembimbing 2 : Agung Eko Budiwaspada

Kata Kunci : brand identity, branding, design thinking, Batang Agam

Saat ini file hanya dapat diakses dari perpustakaan.

Status : Lengkap

B Batang Agam merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Kota Payakumbuh Provinsi Sumatera Barat. Batang Agam merupakan destinasi yang memiliki 4 jenis wisata, diantaranya seperti wisata alam, sejarah, budaya, dan pertanian hidroponik. Wisata ini sudah cukup banyak dikenal dan dikunjungi oleh banyak wisatawan lokal hingga mancanegara, tetapi sampai saat ini wisata Batang Agam belum memiliki brand identity sehingga menyebabkan brand name dari wisata ini cenderung berubah dan tidak konsisten. Selain itu, nama Kota Payakumbuh juga lebih dikenal dari pada nama wisata itu sendiri. Maka dari itu, penelitian dengan judul “Perancangan Brand Identity Destinasi Wisata Batang Agam Kota Payakumbuh Sumatera Barat” ini memiliki tujuan untuk menghasilkan strategi, konsep, dan rancangan visual brand identity dalam rangka untuk mendorong terciptanya brand image. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Sedangkan metode perancangan karya dilakukan dengan menggunakan 5 tahapan Design Thinking yaitu: Empathize, Define, Ideate, Prototype dan Test. Hasil perancangan brand identity ini diantaranya telah membentuk strategi, konsep, dan rancangan visual brand identity berupa logo, brand guideline, dan pengaplikasian identitas terhadap media-media sesuai dengan kebutuhan brand.

B Batang Agam is one of the tourist destinations located in Payakumbuh City, West Sumatra Province. Batang Agam is a destination that has 4 types of tourism, including natural tourism, history, culture, and hydroponic agriculture. This tour has been quite widely known and visited by many local and foreign tourists, but until now Batang Agam tourism has not had a brand identity so that the brand name of this tour tends to change and is inconsistent. In addition, the name of Payakumbuh City is also better known than the name of the tourist itself. Therefore, the research with the title “Designing The Brand Identity Of Batang Agam Tourist Destination Payakumbuh City West Sumatera” aims to produce strategies, concepts, and visual designs of brand identity in order to encourage the creation of a brand image. The data collection methods used are observation, interviews, documentation, and questionnaires. Meanwhile, the method of designing works is carried out using 5 stages of Design Thinking, namely: Empathize, Define, Ideate, Prototype and Test. The results of this brand identity design have formed strategies, concepts, and visual designs of brand identity in the form of logos, brand guidelines, and the application of identity to media in accordance with brand needs.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?