Anteseden dan konsekuensi dari kelincahan rantai pasok pada industri komponen otomotif di Indonesia
P Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor kelincahan rantai pasokan terhadap kemampuan bersaing pada industri komponen otomotif di Indonesia. Faktor-faktor kelincahan rantai pasokan difokuskan pada kecepatan rantai pasokan, visibilitas rantai pasokan, fleksibilitas rantai pasokan, inovasi rantai pasokan, kepemimpinan rantai pasokan, kolaborasi rantai pasokan, integrasi teknologi informasi dan kepercayaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer merupakan data yang didapatkan secara langsung ke lapangan yang menjadi objek penelitian. Sampel penelitian dipilih menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh tujuh perusahaan industri komponen otomotif di Indonesia yang sudah terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan total 229 responden. Penelitian ini menggunakan cross sectional, dimana data dikumpulkan hanya sekali selama satu bulan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pengolahan data Structural Equation Model (SEM) yang digunakan untuk memeriksa dan membenarkan suatu hipotesis yang telah diuji pada penelitian sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecepatan rantai pasokan, visibilitas rantai pasokan, fleksibilitas rantai pasokan, inovasi rantai pasokan, kepemimpinan rantai pasokan, kolaborasi rantai pasokan, integrasi teknologi informasi dan kepercayaan terbukti berpengaruh positif terhadap kelincahan rantai pasokan dan kelincahan rantai pasokan berpengaruh terhadap kemampuan bersaing. Kelincahan rantai pasokan terbukti memiliki peran mediasi sempurna antara variabel kecepatan rantai pasokan, visibilitas rantai pasokan, fleksibilitas rantai pasokan, inovasi rantai pasokan, kepemimpinan rantai pasokan, kolaborasi rantai pasokan, integrasi teknologi informasi dan kepercayaan terhadap kemampuan bersaing pada industri komponen otomotif di Indonesia. Perusahaan harus mampu mengoptimalkan kualitas produk, mengadopsi teknologi baru, mengelola rantai pasoak dengan efisien, merespons perubahan pasar dengan cepat dan memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan dan mitra bisnis untuk mencapai keunggulan kompetitif yang lebih baik dan dapat bekerja lebih baik di pasar otomotif yang semakin kompetitif.