Optimalisasi ketinggian radar untuk pemantauan pergerakan kapal di PT. Pelindo II
P Perkembangan teknologi dunia kemaritiman saat ini berkembang dengan pesat, salah satunya adalah teknologi pemantauan pergerakan lalu lintas kapal !aut. Pemanfaatan radar navigasi sebagai perangkat pemantauan pergerakan kapal laut juga mengalami kemajuan pesat hal ini ditandai dengan digunakannya konsep VTS (Vessel Traffic Service).Sistem pemantauan pergerakan kapal laut yang ada di Pelindo II Tanjung Priok saat ini masih bersifat administratif dengan sarana pemantauan konvensional, dimana jumlah kapal yang memasuki area labuh tidak seluruhnya terpantau yang berpengaruh terhadap uang labuh yang diperoleh PT. Pelindo II. Pemanfaatan implementasi sistem Vessels Traffic Services dan menetapkan ketinggian ideal radar, berdampak pada terpantaunya seluruh kapal yang masuk pada area kolam labuh dan hal ini akan berpengaruh juga terhadap pendapatan uang labuh PT. Pelindo II Tanjung Priok.Optimalisasi penerapan teknologi Vessels Traffic Services dan penetapan ketinggian radar ideal berdasarkan analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa teknologi Vessels Traffic Services mampu memantau seluruh pergerakan kapal laut yang ada di area labuh PT.Pelindo H dengan ketinggian radar 29,89 meter sehingga akan meningkatkan pendapatan kolam labuh PT. Pelindo II. Berdasarkan hasil analisis tersebut penerapan teknologi Vessels Traffic Services dan penetapan ketinggian radar 29,89 meter direkomendasi untuk dapat dipergunakan oleh PT.Pelindo II Tanjung Priok.
T The recent development of maritime technology has grown fast, of which is the monitoring technology of Vessel Traffic Services. The use of applied navigational radar as a monitoring device of ship maneuvering has also improved rapidly, marked by the use of Vessels Traffic Services concept.Monitoring system of ship maneuvering in PT. Pelindo II is still administrative by means of conventional monitoring, where the number of vessels entering the basin area is not entirely observed which affects harbor due earned by PT.Pelindo II. The use of applied Vessels Traffic Services system implementation and in defining radar ideal altitude, has resulted to ships observed on basin area and Os will also affect the harbor due income of PT. PelindollTanjung Priok.Inn Optimalization of applied Vessels4raffic ServiceIrtechriology and radar ideal altitude which is based on data analysis, Showed that Vessels Traffic Services technology is able to cover the whole ship maneuvering on basin area at PT. Pelindo II with 29,89 meters radar ideal altitude. In order to improve the harbor due income based on the analysis, the implementation of Vessels Traffic Services technology and applied 29,89 meters radar ideal altitude, can be recommended to be implemented by PT. Pelindo II.