Analisis pelanggan terhadap quality of service CDMA 2000 1X EV-DO melalui marketing mix produk telkomflexi ditinjau dari aspek teknis dan non teknis (studi kasus di PT. Telkom Kandatel Kupang)
T TELKOM FIexi merupakan salah satu Iayanan jasa telekomunikasi suara dan data yang berbasis nirkabel atau wireless dengan menggunakan teknologi CDMA2000 1X-EVDO (Evolution Data Only) yang disediakan PT. TELKOM Kandatel Kupang. Untuk menghasilkan produk dan Quality of Service yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar, maka pihak perusahaan khususnya PT.TELKOM Kandatel Kupang juga perlu mengetahui perilaku konsumen dengan memilih dan menampilkan variabel pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Masalah utama yang dibahas dalam penelitian ini yaitu mengenai pelaksanaan bauran pemasaran atau marketing mix meliputi unsur — unsur : product, price, promotion dan place yang berkaitan dengan Quality of Service produk TELKOMFIexi yang diberikan oleh PT.TELKOM ditinjau dari aspek teknis dan non teknis. Analisis hasil penelitian ini menggunakan Program SPSS.12 For Windows (Stastical Product and Service So/ution)berupa Analisis Statistik Distribusi Frekuensi danjAnalisis Statistik Inferensi. Dari hasil penelitian diketahui jumlah respoden pengguna produk Flexi Trendy sebanyak 65 orang. Pelanggan Flexi di kota Kupang didominasi oleh kaum pria, pelanggan rata —rata 21 — 25 tahun, tingkat pendidikan pelanggan rata — rata S1, profesi pelanggan didominasi oleh : mahasiswa, PNSTTNUPOLRI, pegawai swasta dan wiraswastawan. Masalah teknis yang sangat signifikan dalam layanan TELKOMFIexi yaitu drop call dan network failure, delay dalam pengiriman SMS dan failed connection dan interkoneksi ke operator lain. Dari aspek non teknis yaitu masalah jarak lokasi penjualan produk TELKOMFIexi sangat sulit terjangkau, keterbatasan jumlah tempat penjualan produk TELKOMFIexi serta masalah promosi.
T TELKOM FIexi is a wireless or wireless-based voice and data telecommunications service using CDMA2000 1X-EVDO (Evolution Data Only) technology provided by PT. TELKOM Kandatel Kupang. To produce products and Quality of Service that are in accordance with market needs and desires, the company, especially PT. TELKOM Kandatel Kupang also needs to know consumer behavior by selecting and displaying marketing variables according to market needs. The main problem discussed in this study is regarding the implementation of the marketing mix or marketing mix including elements: product, price, promotion and place related to the Quality of Service of TELKOMFIexi products provided by PT. TELKOM in terms of technical and non-technical aspects. Analysis of the results of this study using the SPSS.12 For Windows (Statical Product and Service Solution) program in the form of Statistical Analysis of Frequency Distributions and Statistical Inference Analysis. From the results of the study, it is known that the number of respondents using Flexi Trendy products is 65 people. Flexi customers in the city of Kupang are dominated by men, the average customer is 21-25 years old, the customer education level is average S1, the customer profession is dominated by: students, PNSTTNUPOLRI, private employees and entrepreneurs. Technical problems that are very significant in TELKOMFIexi services are drop calls and network failures, delays in sending SMS and failed connections and interconnection to other operators. From the non-technical aspect, namely the problem of distance to where TELKOMFIexi products are sold, it is very difficult to reach, the limited number of places to sell TELKOMFIexi products and promotion problems.