Model knowledge management system untuk minimalisasi failure di area painting PT. XYZ
P Penelitian tesis ini bertujuan merancang model knowledge management system untuk meminimalisasifailure di area painting PT XYZ. Secara rinci tujuan penelitian tersebut adalah mengidentifikasi adanya knowledge pada perusahaan agar dapat dibentuk sebuah knowledge management system untuk meningkatkan performansi perusahaan khususnya area painting dalam hal ini head and decoration process; menghasilkan organization model yang meliputi proses breakdown; penentuan knowledge intensive business process; dan merancang knowledge asset, merancang task model; rekapitulasi terhadap ketersediaan knowledge; menghasilkan media kondifikasi knowledge; menghasilkan agent model; menghasilkan communication model; serta menghasilkan desain model dalam bentuk rancangan prototype internal portal dengan menggunakan free mind software sebagai knowledge base dalam melakukan knowledge mapping untuk mempermudah dalam melakukan upgrade berbagai knowledge yang muncul dimasa yang akan datang, sehingga diperoleh model knowledge management system yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan strategi perusahaan.Model knowledge management system diawali dengan identifikasi kebutuhan knowledge dengan melakukan wawancara dan kuisioner terhadap para pakar dan user, kemudian dilakukan pengolahan knowledge dengan menggunakan commonKADS dan analisis dengan menggunakan forward chaining serta pengujian melalui verifikasi dan validasi model, sehingga diperoleh sebuah konsep knowledge mapping dengan free mind software, dan diperoleh hasil model dalam bentuk internal portal yang nantinya akan di integrasikan dengan portal standar yang dimiliki oleh PT XYZ, sehingga akan menyederhanakan fungsi dari para engineer dalam menangani permasalahan yang muncul dan mengurangi tingkat failure dalam hal ini first time yield sebagai akibat dari telat nya penanganan masalah dan down time yang tinggi.Melalui mekanisme portal knowledge management diharapkan terjadi proses knowledge sharing diantara agen, pakar dengan pakar, pakar dengan user, user dengan user, sehingga dapat semakin berkontribusi dalam proses pembelajaran dan pelatihan serta pengembangan knowledge terhadap produk dan pengembangan teknologi baru.
T The objective of this research was to design a model of knowledge management system to minimize the failure in the painting area PT. XYZ. In detail the purpose of this study was to identify the knowledge on the company to set up a knowledge management system to improve the performance of particular companies in this painting area especially for head and decoration process; produce a model that includes the organization breakdown; determination of knowledge intensive business process, and design knowledge asset, task design model; recapitulation of the availability of knowledge; codification media produce knowledge; generating agent model; produce communication model; and produce a design model in the form of draft internal prototype portal using a free f mind software as the knowledge ase in performing knowledge mapping to facilitate the conduct upgrade a varietyy of knowledge that arise in the future, in order to obtain knowledge management system model most appropriate to the needs of corporate strategy.Model of knowledge management system begins with the identification of knowledge needs to conduct interviews and questionnaires to the experts and users, then performed using commonKADS methodology knowledge processing and analysis using a forward chaining as well as through verification and validation testing model, in order to obtain a knowledge concept mapping with a free mind software, and the model results obtained in the form of internal portal that will be integrated with standard portal owned by PT XYZ, so it will simplify the function of the engineers in addressing problems arising and to reduce the level of failure in this first-time yield as a result of late for handling problems and down time is high.Through the mechanism of knowledge management portal is expected that the process of knowledge sharing among agents, experts with the expert, the expert user, user to user, so it can further contribute to the process of learning and training and development of product knowledge and development of new technologies.